Ilustrasi Android 13 dengan nama kode Tiramisu
Ilustrasi Android 13 dengan nama kode Tiramisu ( KOMPAS.com)

Android 13 Resmi Pakai Nama "Tiramisu"

16 Februari 2022 07:31 WIB

SonoraBangka.ID - Google akhirnya resmi mengungkap kode nama untuk sistem operasi Android 13. Sesuai tradisi, Android 13 juga menggunakan nama-nama makanan manis (dessert).

Sesuai dengan bocoran sebelumnya, Tiramisu resmi dipakai Google sebagai kode nama Android 13. Nama Tiramisu di Android 13 ini terkonfirmasi dari informasi sistem di Android 13 yang dirilis untuk para developer (developer preview), baru-baru ini.

Di menu About Phone ponsel Android 13, nama Tiramisu tercantum di keterangan Android version (versi Android). Tiramisu sendiri adalah kue manis asal Italia dengan cita rasa kopi.

Makanan ini sering dijadikan sebagai hidangan penutup (dessert) dan umum dijumpai di restoran Italia di seluruh dunia.

Sama seperti sebelumnya, nama Tiramisu untuk Android 13 ini kemungkinan hanya akan dipakai oleh kalangan internal Google saja, tidak diumumkan ke publik atau dicantumkan di perangkat Android pengguna.

Pasalnya, Google telah menghentikan tradisi penamaan versi Android dengan nama-nama makanan/camilan manis, sejak versi Android 10 dan setelahnya.

Namun, Google masih tetap menggunakan kode nama kode camilan manis itu di kalangan internal, seperti pada kasus Android 10 dengan nama Quince Tart, Android 11 Red Velvet Cake, dan Android 12 Snow Cone.

Keputusan Google yang tak lagi menggunakan nama makanan untuk penyebutan OS-nya itu disayangkan oleh banyak fans Android. Mengingat penggunaan nama dessert sudah menjadi ciri khas OS Android.

Google sendiri mulai menggunakan nama makanan manis untuk OS Android sejak merilis Android 3 atau versi 1.5 (2009), dengan nama Cupcake.

Mekanisme penamaan OS Android dengan kode nama dessert setelahnya pun dibuat berurutan sesuai dengan abjad.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm