Artis peran Dorce Gamalama saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).
Artis peran Dorce Gamalama saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019). ( (KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA))

Terpapar Covid-19, Jenazah Dorce Tidak Bisa Dibawa Pulang

16 Februari 2022 13:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Jenazah Dorce Gamalama dikabarkan tak bisa dibawa ke rumah dan langsung dikemas oleh pihak rumah sakit.

Ini dilakukan lantaran ebelum meninggal dunia, Dorce merupakan pasien Covid-19 yang masih mendapat perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug.  Sehingga pihak rumah sakit langsung membungkus jenazah sesuai dengan protokol penanganan jenazah penderita Covid-19.

"Di rumah sakit Covid-19 di Simprug karena memang sakit Covid-19 jadi enggak bisa dibawa pulang," ujar Hetty Soendjaya, sahabat Dorce pada awak media. 

Karena penanganan itu juga, keluarga akhirnya tidak bisa melihat Dorce untuk terakhir kali. "(Jenazah) langsung dikemas di rumah sakit, jadi enggak bisa ngelihat,"tambah Hetty.

Belum diketahui di mana jenazah Dorce Gamalama akan dimakamkan, hanya saja proses pemakaman akan mengikuti protokol Covid-19. Dorce, yang meninggal dalam usia 58 tahun, dikabarkan mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (16/2/2022) di RSPP Simprug, Jakarta Selatan.

Anan Muhajir mengatakan, pengurus Masjid Lubang Buaya, jenazah Dorce rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus, Jakarta Timur seperti wasiat Dorce. 

Tetapi, karena Dorce meninggal dalam kondisi positif Covid-19, rencana tersebut tidak akan dipaksakan. Sebelum dikabarkan positif Covid-19, Dorce sempat keluar masuk rumah sakit karena penyakit diabetes yang diderita selama bertahun-tahun.

Di bulan Oktober 2021, Dorce sempat dilarikan ke rumah sakit dan dirawat di ICU lantaran tak sadarkan diri saat dibangunkan dari tidur. Hanya berselang beberapa minggu pulang, Dorce kembali dilarikan ke rumah sakit karena kondisi tubuhnya menurun. Selain diabetes, Dorce juga diketahui menderita penyakit gula dan batu ginjal.

Menurut sahabatnya, Ira Safira, Dorce juga menderita demensia alzheimer. "Seperti saya bilang, beliau itu dapat demensia alzheimer. Itu kan recovery-nya lama. Jadi, daya ingatnya kadang on, kadang off," tambah Ira.

Walaupun sakit, Dorce tetap memiliki semangat tinggi untuk sembuh dan berkarya. Bahkan Dorce sempat syuting video klip untuk keperluan lagu barunya di akhir Januari 2022. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Positif Covid-19, Jenazah Dorce Tak Bisa Dibawa Pulang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/16/111527066/positif-covid-19-jenazah-dorce-tak-bisa-dibawa-pulang?page=2.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm