Kunjungan Eva Algafry ke Posyandu Balita Kasih Ibu , Rabu (16/02/2022).
Kunjungan Eva Algafry ke Posyandu Balita Kasih Ibu , Rabu (16/02/2022). ( Istimewa)

Tinjau Desa Belilik, Eva Algafry Sebut Pentingnya Posyandu Untuk Pencegahan Shunting

17 Februari 2022 15:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketua TP-PKK Bangka Tengah sekaligus Bunda Posyandu, Eva Algafry, berkunjung ke Posyandu Balita Kasih Ibu yang bertempat di Desa Belilik Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (16/02/2022).

Dalam sambutannya, Eva mengatakan bahwa aplikasi sangat peduli dengan peran Posyandu dalam deteksi dini tumbuh kembang anak juga menjadi wahana dan utama untuk meningkatkan edukasi pencegahan stunting . Lanjutnya, posyandu merupakan pilar utama dan garis pertahanan terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Hal ini penting dalam menentukan bagaimana status gizi bayi balita, terutama status tinggi badan menurut umur untuk mendeteksi kejadian stunting, ” ujar Eva.

Eva juga menjelaskan bahwa peran kader Posyandu selain sebagai pengurus juga mengingatkan masyarakat tentang jadwal Posyandu dan menghimbau ibu hamil serta orang tua balita agar datang ke Posyandu sehingga dapat menyatukan status gizi dan kesehatan anaknya.

“Jika balita yang mengalami masalah gizi stunting , kader akan melaporkan kepada bidan desa dan merujuk kepada Puskesmas agar mendapatkan penanganan. Kader juga yang mengalirkan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) dari desa atau Puskesmas kepada balita dengan status balita kurang gizi atau stunting . Stunting ini dapat mempersiapkan dengan memenuhi asupan gizi seimbang ibu masa pra konsepsi (pembuahan) hingga masa 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) yaitu pada usia 2 tahun,” jelasnya.

Di kesempatan itu juga Eva memberikan secara langsung vitamin A kepada anak-anak dan menghimbau orang tua untuk memastikan anak-anak mendapatkan vitamin A sesuai pencanangan bulan Februari dan Agustus sebagai Bulan Vitamin A.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Desa Belilik, Ketua TP-PKK Desa Belilik beserta para pengurus, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa Desa Belilik, dan Kepala Puskesmas Namang. 

SumberDiskominfosta Bangka Tengah
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm