Meski ada usia pakainya, v-belt skutik bisa diperpanjang usianya.(KompasOtomotif - Donny Apriliananda)
Meski ada usia pakainya, v-belt skutik bisa diperpanjang usianya.(KompasOtomotif - Donny Apriliananda) ( kompas.com)

Kenali Ciri Dari Van Belt Skutik Mau Minta Jajan

17 Februari 2022 18:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagian Van belt atau V-belt merupakan komponen penting yang ada di dalam CVT skuter matik (skutik). Fungsi dari v-belt adalah menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang skutik.

Berbeda dengan rantai, posisinya masih ada di luar, sehingga terlihat kondisinya kalau harus diganti. Sedangkan v-belt posisinya ada di dalam boks CVT, sehingga susah untuk mengetahui kondisinya karena harus dibuka dahulu.

Sebenarnya kondisi v-belt bisa dilihat setiap kali melakukan perawatan di bengkel. Tapi bagi yang jarang melakukan servis sampai bongkar CVT, bagaimana mengetahui kondisi v-belt yang sudah mau putus?

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, kondisi v-belt yang mau putus bisa diketahui dengan mendengar suara berisik pada bagian CVT.

“Biasanya kalau ada suara berisik di bagian CVT, kemungkinan karena vbelt yang sudah aus,” ucap Endro kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kalau jarang melakukan servis, ada cara lain untuk mengetahui kapan v-belt harus diganti, yakni dengan mematok pada usia pakainya. Endro mengatakan, v-belt sebaiknya diganti saat motor sudah mencapai 24.000 km.

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Bintaro Adih juga mengatakan, jika v-belt aus, adanya penurunan performa saat awal mulai jalan maupun saat sudah berjalan.

“Biasanya saat start agak lemot atau berat. Begitu juga pas sudah jalan, akan terjadi selip,” ucap Adih.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Ciri Van Belt Skutik Mau Minta Jajan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/17/114200215/kenali-ciri-van-belt-skutik-mau-minta-jajan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm