Ilustrasi gardan mobil.(Ghulam/Otomania)
Ilustrasi gardan mobil.(Ghulam/Otomania) ( kompas.com)

Berikut Waktu Tepat Untuk Ganti Oli Gardan Mobil, Jangan Sampai Terlewat

19 Februari 2022 18:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Bagi mobil berpenggerak roda belakang (RWD) dan penggerak empat roda (4WD), gardan jadi bagian yang penting sebagai penyalur tenaga dari mesin untuk menggerakkan roda.

Pada gardan, terpasang berbagai komponen gir yang butuh pelicin berupa oli agar kinerjanya tetap optimal. Komponen-komponen tersebut antara lain drive pinion gear, ring gear, dan spider gear.

Apabila oli pada gardan telat diganti, gir bisa jadi akan aus bahkan berpotensi terjadi kerusakan pada gardan itu sendiri. Tentu pemilik mobil harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk penggantian komponen tersebut.

"Jika penggantian oli gardan tidak berkala, akan ada jarak antar gir yang menyebabkan selip karena posisi gir tidak presisi," ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM), kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Penggunaan oli gardan untuk mobil multi purpose vehicle (MPV), sedan, dan city car disarankan menggunakan oli multigrade dengan spesifikasi SAE75-90 atau 80W90.

Lalu mobil sport utility vehicle (SUV), pikap, double cabin, dan truk ringan disarankan memilih oli single grade dengan spesifikasi SAE90 atau SAE140. Alasannya, beban kerja mobil-mobil tersebut berbeda dengan mobil keluarga sehingga butuh oli yang lebih kental.

Oli yang lebih encer memang lebih baik dalam melumasi celah-celah sempit. Namun lapisan oil film-nya cenderung lebih tipis sehingga kurang direkomendasikan untuk gir dengan beban kerja yang besar.

Adapun penggantian oli gardan mobil umumnya disarankan setiap dua tahun sekali atau interval jarak tempuh 40.000 kilometer, tergantung mana dulu yang tercapai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berikut Waktu Tepat Ganti Oli Gardan Mobil, Jangan Sampai Terlewat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/19/101200115/berikut-waktu-tepat-ganti-oli-gardan-mobil-jangan-sampai-terlewat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm