Ilustrasi memasang busi mobil(https://www.2carpros.com/)
Ilustrasi memasang busi mobil(https://www.2carpros.com/) ( kompas.com)

Mitos atau Fakta, BBM Kualitas Rendah Bisa Memperpendek Usia Busi?

20 Februari 2022 20:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Masih dijumpai pemilik mobil yang tidak mematuhi rekomendasi pabrikan terkait bahan bakar minyak (BBM) untuk mobilnya. Tidak sedikit pemilik yang membeli bensin atau solar cuma menyesuaikan dengan kondisi keuangan.

Padahal kualitas BBM tidak hanya mempengaruhi performa mesin, namun juga mempengaruhi usia pakai sejumlah komponen, salah satunya yakni busi.

Busi sendiri berperan penting menjadi pemantik dalam proses pembakaran dalam mesin kendaraan. Sementara kualitas pembakaran yang dihasilkan sangat bergantung pada mutu BBM yang digunakan.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menuturkan bahwa bila rutin memaksa penggunaan BBM berkualitas rendah tak sesuai rekomendasi pabrikan, maka bisa dipastikan usia busi akan ikut terdampak.

“Saat oktan bahan bakarnya rendah, maka pembakarannya kurang sempurna. Hasilnya, bisa menimbulkan jelaga atau residu, sehingga bisa memperpendek umur busi,” ujar Suparna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Tapi, ia mengatakan bahwa tidak ada perhitungan yang pasti soal persentase pengurangan usia pakai busi ketika pemilik mobil terus memaksakan penggunaan BBM kualitas rendah.

Suparna mencontohkan, dengan rata-rata interval penggantian busi dilakukan tiap jarak tempuh 40.000 kilometer, apabila sering menggunakan BBM beroktan rendah, interval penggantian bisa memendek bahkan hingga setengahnya.

Sebab busi yang digunakan terus menerus tertutup oleh jelaga atau residu hasil pembakaran yang tidak sempurna. Hal tersebut berujung pada busi yang cepat rusak.

“Kenapa bisa berkurang, karena jelaga tadi menutupi busi. Sehingga, busi sering mengalami overheat dan mempercepat matinya busi,” kata Suparna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, BBM Kualitas Rendah Memperpendek Usia Busi?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/20/174600215/mitos-atau-fakta-bbm-kualitas-rendah-memperpendek-usia-busi-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm