Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Dr dr Masagus Hakim
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Dr dr Masagus Hakim ( Bangkapos.com/Cepi Marlianto )

Dua Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Begini Kata Kadinkes Pangkalpinang

20 Februari 2022 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Ada dua orang pasien Covid-19 di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung yang menjalani perawatan di ruang rawat di dua rumah sakit yang berbeda meninggal dunia, Minggu (20/2/2022).

Pasien yang meninggal dunia itu yaitu satu warga Kelurahan Jerambah Gantung, Kecamatan Selindung dan satu warga Kelurahan Bintang, Kecamatan Rangkui.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Pangkalpinang, Dr dr Masagus Hakim menyebutkan, dua pasien yang meninggal pada Minggu memiliki komorbid atau riwayat penyakit penyerta sehingga memengaruhi kesehatan para pasien tersebut.

"Dua orang yang meninggal dunia memang memiliki komorbid baik itu hipertensi dan diabetes melitus,"ucap dia kepada Bangkapos.com.

Hakim berkata, dua pasien yang meninggal dunia berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang merupakan lanjut usia (Lansia).

Dimana untuk warga Kelurahan Jerambah Gantung usia 69 tahun meninggal dunia usai sekitar satu pekan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah, Pangkalpinang dan kemudian dirujuk ke RSUP Ir Soekarno.

Sedangkan satu pasien berjenis kelamin perempuan usia 76 tahun warga Kelurahan Bintang meninggal dunia usai 8 hari menjalani perawatan di RSUD Depati Hamzah.

"Untuk warga Kelurahan Jerambah Gantung masuk rumah sakit tanggal 13 Februari sedangkan warga Kelurahan Bintang tanggal 12 Februari 2022. Hasil tes swab Polymerace Chain Reaction (PCR-Red) pertama dan kedua juga positif Covid-19," jelas Hakim.

Di samping itu lanjut dia, orang yang berisiko terinfeksi Covid-19 ialah usia 60 tahun ke atas dengan penyakit paru, jantung, dan diabetes melitus.

Sementara itu berdasarkan data masyarakat Kota Pangkalpinang yang rentan akan terinfeksi Korona untuk jumlah penderita diabetes melitus sebanyak 5.212 jiwa dan hipertensi sebanyak 38.211 jiwa.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm