Barcode aplikasi PeduliLindungi yang terpasang di pintu masuk
Barcode aplikasi PeduliLindungi yang terpasang di pintu masuk ( KOMPAS.com)

5 Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

22 Februari 2022 06:51 WIB

SonoraBangka.ID - Bagi sebagian pengguna mungkin pernah mengalami persoalan aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka, sehingga kesulitan saat hendak check-in ke ruang publik seperti bandara, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Saat ini, aplikasi PeduliLindungi memang punya peran penting bagi masyarakat dan pemerintah, yang berfungsi untuk membantu pengendalian dan pengawasan penyebaran virus Covid-19.

PeduliLindungi digunakan sebagai syarat wajib supaya bisa memasuki ruang publik, dengan tujuan agar memudahkan pemantauan jumlah keramaian dan membatasi kerumunan ketika jumlahnya melebihi kapasitas yang ditentukan.

Di sisi lain, seperti perangkat lunak pada umumnya, aplikasi PeduliLindungi juga bisa mengalami eror atau gangguan.

Bentuk aplikasi PeduliLindungi eror ini bermacam-macam, salah satunya adalah aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka atau tiba-tiba tertutup. Selain itu, gangguan juga bisa terjadi pada fungsi fiturnya, seperti jadi tidak bisa memindai kode QR dan mengunduh sertifikat vaksin.

Dilansir dari laman resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19, aplikasi PeduliLindungi eror memang mungkin terjadi. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengatasinya.

Berikut rangkuman tentang cara mengatasi aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka dan gangguan lainnya.

1. Memuat ulang aplikasi

Cara mengatasi aplilkasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan memuat ulang aplikasinya. Anda bisa menutup penuh aplikasi PeduliLindungi di layar dan background ponsel.

Masing-masing ponsel biasanya memiliki cara yang berbeda untuk menutup penuh aplikasi. Ikuti panduan menutup aplikasi yang disediakan di ponsel Anda. Setelah menutup penuh, buka kembali aplikasi PeduliLindungi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm