( )

BTS Menangi IFPI Global Recording Seagai Artist of The Year Award 2 Tahun Berturut-turut

25 Februari 2022 12:58 WIB

 

SonoraBangka.Id - BTS memenangi IFPI Global Recording Artist of the Year Award 2021. BTS menjadi artis Korea Selatan pertama yang memenagi IFPI Global Recording Artist of the Year selama dua tahun berturut-turut. Dilansir dari ifpi.org, Jumat (25/2/2022), penghargaan IFPI Global Recording Artist of the Year diberikan berdasarkan kinerja artis atau grup di seluruh dunia dari segi musik digital, album fisik, streaming vinyl, dan karya artis secara keseluruhan.

Wajah BTS sudah tak asing dalam Chart Artist Global IFPI sejak tahun 2018 lagu mereka debut di #2 Billboard Hot 100. Tahun 2021, "Butter" berhasil menempati #1 selama tujuh pekan berturut-turut.

Single "Permission To Dance" yang dirilis pada Juli 2021 debut di #1 Billboard Hot 100 digantikan "My Universe" yang dirilis pada September. Album Jepang terbaru mereka, BTS, The Best berhasil memuncaki Year End Album Chart Oricon. Menjadi album non-Jepang pertama sejak 37 tahun ke belakang yang menduduki posisi tersebut. CD Butter juga berhasil memuncaki tangga lagu akhir tahun Gaon.

Menjadi keenam kalinya bagi BTS menempati posisi tersebut secara berturut-turut. "Kesuksesan fenomenal BTS selama setahun terakhir adalah bukti kreativitas, kerja keras, dan komitmen berkelanjutan mereka untuk terus menemukan cara membawa musik mereka ke dunia. Dengan tampil dalam tiga bahasa yang berbeda, mereka menunjukkan daya tarik global yang luar biasa unik dan basis penggemar mereka yang dinamis dan bersemangat telah membantu menjadikan mereka artis pertama dalam sejarah yang menduduki puncak Chart Artist Global dalam dua tahun berturut-turut," kata Chief Executive IFPI, Frances Moore.

"Kami ingin mengucapkan selamat kepada RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V dan Jungkook dan semua yang bekerja di tim mereka karena telah memenangkan Penghargaan Recording Artist of the Year dan pada tahun berikutnya dari kesuksesan yang cemerlang," sambungnya. Global Artist Chart tahun ini dipimpin oleh BTS di posisi pertama, Taylor Swift posisi kedua, selanjutnya Adele, Drake, Ed Sheeran, The Weeknd, Billie Eilish, Justin Bieber, Seventeen, dan Olivia Rodrigo.

Adapun daftar musisi yang pernah memenangi IFPI Global Recording Artist of the Year Award adalah: One Direction (2013) Taylor Swift (2014) Adele (2015) Drake (2016) Ed Sheeran (2017) Drake (2018) Taylor Swift (2019) BTS (2020) BTS (2021).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cetak Sejarah, BTS Menangi IFPI Global Recording Artist of The Year Award 2 Tahun Berturut-turut", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/25/073538666/cetak-sejarah-bts-menangi-ifpi-global-recording-artist-of-the-year-award-2?page=2.
Penulis : Fitri Nursaniyah
Editor : Fitri Nursaniyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm