Mitsubishi Xpander melintas tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.(Youtube Sitinjau Lauik Truk Video)
Mitsubishi Xpander melintas tanjakan Sitinjau Lauik di Sumatera Barat.(Youtube Sitinjau Lauik Truk Video) ( kompas.com)

Rumus Benar Mengemudikan Mobil Manual di Tanjakan

28 Februari 2022 21:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika mengendarai mobil, kontur jalan yang menanjak bisa menjadi salah satu hal yang menantang bagi pengemudi khususnya mereka yang menggunakan mobil transmisi manual.

Saat menanjak, pengemudi harus menyimbangkan penggunaan pedal gas, rem, kopling dan rem tangan dengan baik, untuk menghindari mobil mundur, khususnya saat sedang terjebak macet.

"Apabila di tanjakan, kita mesti mengetahui dengan jelas jenis tanjakan tersebut, kondisi sekitar kita, sehingga kita bisa menentukan posisi persneling yang tepat," jelas Roslianna Ginting, Training Director The Real Driving Centre (RDC) pada Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Roslianna menjelaskan, perlu ada pembiasaan, latihan dan dampingan dengan orang yang sudah mahir saat akan berkendara melewati tanjakan, terutama untuk pengemudi yang masih pemula.

"Kebanyakkan orang panik saat ada masalah, apalagi ada tekanan dari luar seperti klakson dari kendaraan lain, omelan dari pengguna jalan lain," ujarnya.

Pengemudi juga bisa mengantisipasi mobil mundur, dengan cara selalu menyiapkan kaki di pedal rem dan mengaktifkan rem tangan bila dibutuhkan.

Traning Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan bahwa menyetir mobil manual di tanjakan memang menjadi sebuah tantangan.

Ia menjelaskan beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengantisipasi mobil mundur, saat berkendara melalui jalanan yang menanjak.

"Pertama, pastikan memiliki momen yang cukup agar awalan mobil menanjak bertenaga. Ambil ancang-ancang gas dan pertahankan rpm sesuai derajat kemiringan," jelas Sony seperti dikutip Kompas.com.

Kedua, pengemudi harus mengatur jaga jarak aman sehingga tidak terlalu mepet dengan kendaraan yang lain. Ketiga, Sony menyarankan penggunaan parking brake atau rem tangan.

"Ketika berhenti di tanjakan, tarik parking brake dan injak kopling. Kemudian saat mulai jalan, injak pedal gas dibarengi mengangkat kopling, saat mobil terasa bergerak namun tertahan, lepas parking brake," kata Sony.

Terakhir, sebisa mungkin jangan menggantung kopling saat kendaraan harus berhenti di tanjakan, karena hal ini bisa membuat komponen kopling lebih cepat aus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rumus Benar Menyetir Mobil Manual di Tanjakan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/28/150100115/rumus-benar-menyetir-mobil-manual-di-tanjakan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm