Ilustrasi kelelahan
Ilustrasi kelelahan ( SHUTTERSTOCK)

Mau Tahu Penyebab Tubuh Sering Merasa Kelelahan Sepanjang Hari?

4 Maret 2022 08:27 WIB

SonoraBangka.id - Apakah Anda sering merasa kelelahan seharian pada tubuh kita, walau tidak melakukan pekerjaan brat?

Ternyata hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan, lho, Sahabat NOVA. 

Seperti dikutip dari Mirror, ahli nutrisi Dr. Emma Derbyshire dan Dr. Hilary Jones mengatakan, kekurangan zat besi merupakan penyebab paling umum dari munculnya rasa kelelahan.

Rasa lelah bisa ditandai dengan sering menguap sepanjang waktu, walau sudah cukup tidur dan tidak sedang menjalani aktivitas yang berat.

Banyak yang tak menyadari rendahnya zat besi sebagai penyebabnya. Jadi bukan karena bertambahnya usia, bukan juga karena padatnya aktivitas sehari-hari.

Lalu, mengapa kekurangan zat besi bisa menyebabkan kelelahan sepanjang hari?

Hilary menjelaskan, zat besi sangat dibutuhkan untuk mengangkut oksigen dari sel darah merah ke seluruh tubuh.

"Tanpa zat besi, sel darah merah tidak bisa membawa oksigen yang cukup ke organ-organ dan jaringan tubuh. Dengan begitu organ dan jaringan tidak bisa bekerja secara efisian," jelas Hilary.

Selain merasa tidak berenergi, gejala lainnya, yaitu pusing, gelisah di malam hari, sesak napas, tangan dan kaki dingin, hingga pingsan.

Hal itu bisa disebabkan karena bagian otak tidak cukup oksigen karena kekurangan zat besi. Hilary mengatakan, ketika ada pasien yang merasa sangat kelelahan tanpa tahu sebabnya, ia akan melakukan tes darah dan periksa kadar zat besi.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm