Ilustrasi
Ilustrasi ( Damir Khabirov)

Tidak Mudah Melepaskan Diri dari Pasangan yang Abusive, Begini Tipsnya

5 Maret 2022 09:31 WIB

SonoraBangka.id - Kasus kekerasan pada perempuan masih banyak ditemukan, termasuk di dalamnya ada yang dilakukan oleh pasangan.

Ya, hingga saat ini perempuan masih jadi kelompok yang rentan mendapatkan kekerasan dan memerlukan perlindungan khusus.

Menurut Yunita Sari, S.Psi, M.Psi, Psikolog, konselor pernikahan di Primasaga Strategi Consultants, salah satu penyebab kekerasan terhadap perempuan adalah faktor kultural yang masih dipercaya oleh sebagian orang.

Di mana konstruksi sosial yang ada menempatkan perempuan pada kelompok masyarakat lemah.

“Beberapa hal yang terjadi karena patriaki di kebudayaan kita relasi gendernya lebih dominan. Secara fisik lebih kuat, memiliki peran yang lebih besar dalam rumah tangga, jadi memungkinkan bagi laki-laki ini untuk menjaga keluarganya, dengan cara yang mungkin kurang tepat, dengan kekerasan,” kata Yunita yang juga dosen di Universitas Islam Bandung (Unisba) kepada NOVA.

Mirisnya, tidak mudah bagi perempuan yang menjadi korban ini keluar dari jerat pasangan yang kasar (abusive), karena alasan ekonomi, anak, atau alasan lainnya.

Enggak jarang perempuan yang terpaksa memilih bertahan, enggan melaporkan kekerasan yang dialaminya ke pihak berwenang seperti polisi, lembaga bantuan hukum, atau sekadar meminta bantuan profesional psikolog.

Figur atau role model juga bisa membuat seseorang sulit keluar dari hubungan yang diwarnai kekerasan. Misalnya, sejak kecil sudah terbiasa melihat sosok ayah yang kerap melakukan kekerasan kepada ibunya, namun tetap baik terhadap anak-anaknya.

Perempuan yang mendapat perlakuan seperti itu akan memiliki persepsi bahwa figure laki-laki yang melindungi adalah seperti sang ayah.

Sehingga saat menerima kekerasan dari pasangannya ia menganggapnya sebagai hal biasa atau normal, meskipun di saat bersamaan ia juga tersakiti.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm