Ilustrasi minum susu
Ilustrasi minum susu ( SHUTTERSTOCK/DEAN DROBOT )

Bahayakah Minum Susu Saat Perut Kosong? Ini Penjelasannya

9 Maret 2022 15:05 WIB

SonoraBangka.id - Apakah Anda termasuk orang yang sering minum susu di pagi hari?

Sebenarnya kebiasaan minum susu di pagi hari tidak masalah untuk dilakukan, asalakan perut tidak dalam kondisi kosong.

Pasalnya, minum susu saat perut kosong bisa menimbulkan beberapa gangguan pencernaan.

Ahli nutrisi Dr. Rupali Datta mengatakan, jika kita memiliki alergi laktosa, atau memiliki gangguan dalam saluran cerna, maka kita tidak disarankan untuk mengonsumsi susu saat perut kosong.

"Jadi selama Anda tak memiliki gangguan alergi laktosa, minum susu di pagi hari ketika perut kosong tak akan menjadi masalah," ujarnya dikutip dari Kompas.com yang melansir NDTV Food.

Sementara itu, ahli nutrisi Shilpa Arora, ND menganjurkan agar kita tidak mengonsumsi susu saat kondisi perut kosong untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

"Untuk memulai hari sebaiknya minumlah minuman yang lebih ringan dari susu, seperti air putih hangat atau air lemon," ucapnya.

Minuman tersebit mudah dicerna dan bisa membersihkan saluran cerna dari racun-racun sisa metabolisme.

"Selepas minum air lemon, barulah mengonsumsi sereal yang diberi susu untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh," kata Arora. 

Kesimpulannya, minum susu dalam kondisi perut kosong terbilang aman jika kita tidak menderita gangguan saluran cerna.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm