Mengenakan pakaian dengan warna tertentu bisa memengaruhi perasaan seseorang, yang disebut dopamine dressing.
Mengenakan pakaian dengan warna tertentu bisa memengaruhi perasaan seseorang, yang disebut dopamine dressing. ( evgenyatamanenko/iStockphoto)

Gunakan Baju Cerah Bisa Bikin Bahagia? Ketahui Fakta tentang Dopamine Dressing

18 Maret 2022 09:36 WIB

SonoraBangka.id - Sudah tahu jika pakaian yang kita kenakan sehari-hari bisa memengaruhi hormon kebahagiaan?

Banyak yang percaya bahwa warna pakaian yang kita kenakan bisa memengaruhi mood, yqng juga dikenal dengan istilah 'dopamine dressing'. 

Benarkah demikian?

Melansir dari Harper Bazaar, Maria Costantino, dosen studi budaya dan sejarah di London College of Fashion, menjelaskan bahwa tubuh kita memproduksi dopamin (hormon bahagia) dan sistem saraf menggunakannya untuk mengirim pesan antar sel. 

“Ini (dopamin) memiliki banyak fungsi: penghargaan diri, motivasi, memori, dan perhatian. Ketika dopamin dilepaskan dalam jumlah besar, itu menciptakan perasaan senang dan penghargaan yang memotivasi kita untuk mengulangi perilaku tertentu,” jelasnya lagi. 

Constantino secara lebih lanjut menjelaskan bahwa secara teori perilaku ini juga sama dengan perasaan ketika kita membeli atau memakai pakaian baru.

Untuk membuktikan kebenaran tersebut Profesor Karen Pine dari Universitas Hertfordshire melakukan penelitian pada tahun 2012.

Ia meneliti tentang gagasan 'dopamine dressing' ini dan menemukan bahwa ketika peserta penelitian mengenakan pakaian yang bernilai simbolis untuk mereka, kepercayaan diri mereka pun meningkat.

Meskipun penelitian tersebut tidak secara khusus dikaitkan dengan warna pakaian, namun warna tertentu yang memiliki kualitas terapeutik adalah sesuatu yang telah dibicarakan dan diteliti selama beratus-ratus tahun.

Terapi warna dan chromotherapy telah lama menjadi perhatian budaya sejak Mesir kuno dan telah diintegrasikan ke dalam desain interior dan lingkungan,” kata Costantino.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm