Ilustrasi sebuah marka jalan.(theconstructor.org)
Ilustrasi sebuah marka jalan.(theconstructor.org) ( kompas.com)

Masih Banyak Pengguna Jalan yang Abai terhadap Marka Jalan

19 Maret 2022 17:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Di jalan raya, sering kali ditemui marka-marka jalan yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas ataupun membatasi jalur antar jalanan.

Melanggar atau abai terhadap marka jalan ini berpotensi merugikan pengguna jalan yang lain, seperti yang terekam pada Instagram @dashcam_owners_indonesia, Jumat (18/3/2022).

Pada rekaman tersebut, terlihat pengemudi mobil pemilik dashcam tersebut berbelok ke kanan, meskipun marka jalan menandakan kendaraan tidak boleh berpindah jalur. Alhasil, ia kemudian menabrak motor yang sedang melaju dari arah berlawanan.

Kejadian ini bisa dihindari bila pengemudi memperhatikan marka jalan yang ada dan juga tetap waspada agar tidak sampai mencelakai pengguna jalan yang lain.

Marka yang tampak pada rekaman tersebut merupakan marka membujur yang berupa garis ganda yang utuh.

Ada beberapa fungsi marka jalan yang kerap diabaikan oleh pengguna jalan. Korrdinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) Edo Rusyanto mengatakan bahwa setidaknya saat ini ada tiga marka.

"Anda perlu memahaminya agar tidak kebingungan saat bertemu marka jalan ini," jelas Edo, seperti dikutip Kompas.com.

Marka terdiri dari berbagai bentuk dan warna, masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Fungsi marka jalan secara hukum diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 34 Tahun 2014 tentang Marka Jalan, pasalnya yang ke 17:

(1) Marka Membujur berupa garis utuh sebagaimana dimaksud dalam Pasal 16 ayat (1) huruf a berfungsi sebagai: a. larangan bagi kendaraan melintasi garis tersebut; dan b. pembatas dan pembagi jalur.

(2) Marka Membujur berupa garis utuh sebagaimana dimaksud pada ayat (1) apabila berada di tepi jalan hanya berfungsi sebagai peringatan tanda tepi jalur lalu lintas.

(3) Marka Membujur berupa garis utuh sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) memiliki lebar paling sedikit 10 (sepuluh) sentimeter.

(4) Dalam hal Marka Membujur berupa garis utuh yang berfungsi sebagai pemberi tanda tepi jalur lalu lintas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dipasang pada jalan tol memiliki lebar paling sedikit 15 (lima belas) sentimeter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masih Banyak Pengemudi yang Abai terhadap Marka Jalan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/19/101200815/masih-banyak-pengemudi-yang-abai-terhadap-marka-jalan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm