Kain Jumputan karya Ibu Sejahtera
Kain Jumputan karya Ibu Sejahtera ( sumber: dokpri)

Aisyah Ingin Kenalkan Produk Lokal yakni Kain Jumputan pada Dunia

20 Maret 2022 07:54 WIB

SonoraBangka.id - Sudah jadi rahasia umum bila Indonesia kaya akan warisan budaya, di antaranya adalah kain tradisional, mulai batik, ulos, endek, lurik, hingga jumputan.

Sebagian dari kita mungkin masih asing dengan kain jumputan, kain khas Palembang, Sumatera Selatan ini memang belum mendapat perhatian banyak orang seperti batik, yang sudah dikenal dunia sebagai warisan budaya Indonesia.

Tapi berbicara soal keindahannya, kain jumputan ini enggak kalah dengan kain tradisional lainnya.

Tentu saja dengan ciri khas dan keunikannya sendiri.

Kondisi tersebut membuat Angel Eva Christine terpanggil untuk bisa memasarkan sekaligus mengenalkan kain jumputan ini ke masyarakat luas.

“Entah kenapa merasa tergerak untuk membantu mereka, karena menurut saya ini proses pengerjaan yang sangat rumit dan pantas untuk diapresiasi,” tutur Angel kepada NOVA.

“Karena sedihnya, kita sebagai masyarakat Indonesia justru banyak yang belum tahu soal kain jumputan ini. Jadi saya tertarik untuk membantu mereka,” sambungnya.

Ya, untuk menghasilkan selembar kain jumputan 3x1 meter saja setidaknya diperlukan waktu selama 7 hari.

Mulai dari proses pembuatan pola, lalu diikat, dijumput, dicelup, dilepas ikatannya, lalu dijemur sampai akhirnya menjadi sehelai kain yang indah.

Akhirnya, pada Februari di tahun 2020 Angel mulai merintis sebuah brand fesyen yang diberi nama Jejak Aisyah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm