Pebalap Red Bull KTM Factory Racing asal Portugal, Miguel Oliveira, mengikuti sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).(AFP/BAY ISMOYO)
Pebalap Red Bull KTM Factory Racing asal Portugal, Miguel Oliveira, mengikuti sesi latihan bebas untuk balapan MotoGP Indonesia di Sirkuit Internasional Mandalika di Kuta Mandalika di Lombok Tengah, Jumat (18/3/2022).(AFP/BAY ISMOYO) ( kompas.com)

Hasil MotoGP Mandalika 2022: Oliveira Raih Juara Perdana MotoGP Mandalika

20 Maret 2022 18:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Pelaksanaan Gelaran perdana MotoGP Mandalika GP Indonesia, berhasil dimenangkan oleh pebalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, Minggu (20/3/2022).

Posisi kedua ditempati oleh pebalap Yamaha Fabio Quartararo dan podium ketiga dimenangkan oleh pebalap Pramac Ducati, Johann Zarco.

Pertamina Grand Prix of Indonesia menyajikan balapan yang sangat menegangkan. Fabio Quartararo yang memulai balapan dari pole position berhasil mempertahankan posisinya ketika awal start.

Seri kedua MotoGP 2022 ini berjalan dalam keadaan basah alias wet race. Mulainya balapan juga sempat diundur untuk memastikan situasi lintasan benar-benar aman.

Hujan deras cukup awet mengguyur Sirkuit Mandalika sampai tak terasa balapan diundur hingga 2 jam. Pit lane baru dibuka pukul 16.00 WITA dan balapan dimulai pada 16.15 WITA.

Balapan yang seharusnya digelar sebanyak 27 lap juga terpaksa dikurangi menjadi 20 lap. Sebelumnya, jumlah lap dikurangi karena temperatur trek yang ekstrem. Namun, sekarang alasannya karena trek yang basah.

Selepas start, Quartararo yang memulai balapan dari pole position langsung melesat dengan sangat baik. Miguel Oliveira juga langsung perbaiki posisinya dan naik ke urutan kedua.

Pebalap asal KTM tersebut berhasil mengambil alih balapan dengan gampang dari Quartararo ketika melewati garis start-finis. Quartararo bahkan disalip juga oleh Jack Miller.

Masuk tikungan 10, Miller berhasil merebut posisi terdepan dari Oliveira. Pebalap Ducati tersebut memang terkenal cukup piawai balapan dalam kondisi wet race.

Quartararo nampak kesulitan balapan dalam kondisi basah ini. Dia terlihat semakin tertinggal dari Miller dan Oliveira yang berada di depannya. Bahkan, kedua pebalap tersebut sudah berhasil membuka gap hingga 1,5 detik dalam beberapa tikungan saja.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm