Pixar merilis trailer pertama 'Lightyear' yang merupakan spin-off dari franchise Toy Story
Pixar merilis trailer pertama 'Lightyear' yang merupakan spin-off dari franchise Toy Story ( hai.grid.id/Tim)

Ciuman Sesama Jenis Dimunculin Lagi di 'Lightyear' Pixar Menyusul Kehebohan Staf Atas RUU 'Don't Say Gay'

21 Maret 2022 06:58 WIB

SonoraBangka.ID - Pada 9 Maret lalu, karyawan dan sekutu LGBTQ di Pixar Animation Studios mengirimkan pernyataan bersama kepada pimpinan Perusahaan Walt Disney yang mengklaim bahwa eksekutif Disney telah secara aktif menyensor “kasih sayang gay yang terang-terangan” dalam film-filmnya.

Tuduhan yang heboh itu dibuat sebagai bagian dari protes yang lebih besar atas kurangnya tanggapan publik perusahaan terhadap RUU "Don't Say Gay" Florida. Memang tidak disertakan film Pixar mana yang lolos dari sensor, atau keputusan kreatif mana yang dipotong atau diubah.

Tetapi setidaknya dalam satu kasus, pernyataan itu tampaknya telah membuat perbedaan yang signifikan.

Menurut sumber yang dekat dengan produksi film Pixar berikutnya, “Lightyear” — yang dibintangi Chris Evans sebagai inspirasi kehidupan nyata untuk karakter “Toy Story” Buzz Lightyear — menampilkan karakter wanita penting, Hawthorne (disuarakan oleh Uzo Aduba), yang memiliki hubungan yang berarti dengan wanita lain.

Namun fakta hubungan itu tidak pernah dipertanyakan di studio, ciuman antara karakter telah dipotong dari film. Tetapi, menyusul keributan seputar pernyataan karyawan Pixar dan penanganan CEO Disney Bob Chapek tentang RUU "Don't Say Gay", ciuman itu kembali ada di film minggu lalu.

Keputusan tersebut menandai titik balik besar yang mungkin dalam representasi LGBTQ tidak hanya dalam film-film Pixar, tetapi juga dalam animasi fitur secara umum, yang tetap berhati-hati dalam menggambarkan kasih sayang sesama jenis yang ringan namun berarti.

Yang pasti, ada beberapa contoh representasi LGBTQ yang terus terang dalam animasi yang dibuat untuk penonton dewasa, termasuk di “South Park: Bigger, Longer & Uncut” 1999, “Persepolis” 2007, “Sausage Party” 2016, dan “Flee”.

Namun dalam film animasi berperingkat G atau PG, pendekatan yang digunakan adalah memberi tahu, bukan menunjukkan — dan hanya sebatas itu.

Bisa dibilang karakter LGBTQ paling terkenal dalam fitur studio animasi hingga saat ini — Katie (Abbi Jacobson), pemeran utama remaja “The Mitchells vs. the Machines”, yang diproduksi Sony Pictures Animation dan dirilis oleh Netflix — adalah pengecualian yang membuktikan aturan: Fakta eksplisit identitas Katie ini hanya terungkap sepenuhnya di saat-saat terakhir film ketika ibunya membuat referensi lewat pacarnya.

Dalam sejarah 27 tahun Pixar, hanya ada segelintir kecil karakter LGBTQ yang tidak ambigu dalam bentuk apa pun. Dalam “Onward” tahun 2020, seorang polisi bermata satu (Lena Waithe), yang muncul di beberapa adegan, menyebut pacarnya.

SumberHai Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm