Ilustrasi
Ilustrasi ( Kompas.com)

Waspada Salah Kaprah, Apa Perbedaan Self Healing dan Refreshing?

25 Maret 2022 09:54 WIB

SonoraBangka.id - Akhir-akhir ini, memang istilah healing atau self healing sering dibicarakan banyak orang.

Banyak juga orang yang menggunakan istilah healing saat mereka pergi berlibur atau bersenang-senang di tengah kesibukan sehari-hari.

Lantas, apa sih makna self healing yang sebenarnya?

Lalu, apa perbedaan self healing dan refreshing?

Melalui wawancara ekslusif bersama NOVA, Rabu (23/03), praktisi mindfulness Putra Wiramuda mengatakan, self healing adalah suatu aktivitas yang kita lakukan untuk pulih atau sembuh dari luka.

Self healing ini dilakukan hanya dengan melibatkan diri sendiri atau minim bantuan dari orang lain maupun profesional.

"Atau biasanya sih dia sudah bertemu dengan profesional udah pernah latihan, diajar, kemudian dia bisa mempraktikannya secara mandiri," tambah Putra.

Putra menjelaskan, cara self healing yang benar yaitu dengan menghadapi masalah yang ada, bukan malah menjauh atau menghindarinya.

"Misalnya, kita ada luka di tangan, terus saya liburan ke Bali lalu saya lupakan luka saya di tangan. Kira-kira luka di tangan saya bisa segera sembuh atau nggak?" jelas Putra sambil memberikan analogi.

 

"Kita harus bertemu dengan luka atau masalah itu," tambahnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm