Dorong motor matik(at0zz.wordpress.com)
Dorong motor matik(at0zz.wordpress.com) ( kompas.com)

Saat Mogok, Apakah Motor Transmisi Matik Boleh Didorong?

25 Maret 2022 22:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Saat mogok, dalam keadaan darurat biasanya pemilik motor membawa ke bengkel terdekat dengan bantuan pemotor lain. Biasanya dengan cara stut atau didorong dari belakang.

Kebiasaan ini dilakukan pada motor kopling maupun matik. Pada mobil transmisi matik, mobil tidak bisa sembarangan didorong karena dapat merusak komponen CVT pada roda penggerak mobil tersebut.

Sehingga, bila harus menderek pun ada aturannya, yaitu dengan mengangkat ban yang menjadi penggerak.

Tapi, apakah hal ini juga berlaku pada motor transmisi matik? Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan bahwa kondisi mesin yang sudah mati membuat sistem penggerak tidak lagi terkoneksi dengan mesin. Artinya, tidak seperti mobil matik, motor matik aman untuk didorong saat mogok.

"Kondisi motor yang mogok tidak jadi masalah bila didorong, sah-sah saja. Saat mesin sudah mati otomatis koneksi dengan roda sudah tidak ada lagi," kata Endro.

Pada motor matik, komponen yang bekerja saat mesin matik dalam keadaan menyala ialah transmisi sampai as roda belakang. 

Sehingga, berbeda dengan mobil transmisi matik. Pada mobil matik, ada pompa oli komponen CVT yang cuma dapat bekerja bila mesin dalam keadaan menyala. Saat mobil dipaksa didorong, pompa oli tidak aktif. Ini dapat merusak komponen CVT pada mobil matik.

"Transmisi dan gardan termasuk as roda sudah ada pelumas tidak usah khawatir rusak saat didorong ketika mesin mogok. Bukan berarti mentang-mentang matik tidak boleh didorong, ini beda dengan mobil matik yang memang tidak boleh sembarang di derek atau dorong," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Mogok, Apakah Motor Matik Boleh Didorong?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/25/064200815/saat-mogok-apakah-motor-matik-boleh-didorong-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm