Film Dune Sudah Borong 4 Oscar
Film Dune Sudah Borong 4 Oscar ( KOMPAS.com/Rintan Puspita Sari)

Belum Lama Dimulai, Film Dune Sudah Borong 4 Oscar

28 Maret 2022 08:41 WIB

SonoraBangka.ID - Prediksi banyak orang terhadap Dune di Oscar 2022 sepertinya akan menjadi nyata.  Sejak dimulai pada Minggu (27/3/2022) di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat atau Senin (28/3/2022) di Indonesia, Dune telah memenangkan empat nominasi.

Film yang dibintangi Timothée Chalamet itu sudah membawa pulang Oscar untuk kategori Best Film Editing, Best Original Score, Best Production Design dan Best Sound. Dune disebut sebagai salah satu tontonan sinematik paling mengesankan di tahun 2021.

Academy Awards ke-94 jelas setuju, setelah menganugerahi film tersebut dengan 10 nominasi. Termasuk satu di setiap kategori teknis, dan yang terpenting dalam Film Terbaik.

Ketika epos sci-fi anggaran besar menerima perhatian semacam itu, mereka hampir tidak pernah meninggalkan Oscar dengan tangan kosong.

Misalnya saja dalam kasus Mad Max: Fury Road and Gravity, dengan seember Oscar. Kemenangan Dune untuk kategori Best Sound sudah diramalkan sejak awal karena suara dalam film Dune merupakan bagian integral dari nuansa epiknya, dan tidak ada film tahun lalu yang mengguncang kursi teater lebih banyak dibanding Dune.

Skor luar biasa untuk Hans Zimmer sebagai komposer musik hampir tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan pengalaman Dune.

Zimmer sangat mungkin memenangkan Oscar keduanya, yang pertama sejak The Lion King pada tahun 1994. Banyak yang kemudian memprediksi kemenangan Dune di Oscar untuk beberapa kategori lainnya.

Peluang Dune untuk memenangkan Desain Produksi sudah terlihat sangat bagus, dengan kemenangan Critics Choice, BAFTA, dan Art Director's Guild. Pesaing utamanya tampaknya adalah Nightmare Alley.

Sulit untuk bersaing dengan film Guillermo Del Toro dalam kategori ini, mengingat Pan's Labyrinth dan The Shape of Water sama-sama memenangkan kategori ini. Namun, kemenangan baru-baru ini untuk film seperti Black Panther dan Mad Max: Fury Road menunjukkan bahwa Academy Awards mungkin mendukung pembangunan dunia epik Dune.

Sinematografi adalah kategori lain yang tampaknya mendukung Dune, tetapi tidak cukup rapi. Sebagai informasi, Dune mendapat 10 nominasi Oscar di Academy Awards kali ini.

Diantaranya, Best costume design, best sound, best original score, best adapted screenplay, best film editing, best makeup and hairstyling, best cinematography, best production design dan best visual effects. Dune menghasilkan 399 juta dollar Amerika atau sekitar Rp 5,7 triliun secara global.

Film ini mengadaptasi paruh pertama novel fiksi ilmiah tahun 1965 karya Frank Herbert. Legendary Entertainment dan Warner Bros. juga dengan cepat membuat sekuelnya, yang akan dirilis pada 20 Oktober 2023.

Film pertama dibintangi oleh Timothée Chalamet sebagai Paul Atreides dan menampilkan pemain luas yang termasuk Rebecca Ferguson, Oscar Isaac, Jason Momoa, Josh Brolin dan Zendaya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belum Lama Dimulai, Film Dune Sudah Borong 4 Oscar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/03/28/071023266/belum-lama-dimulai-film-dune-sudah-borong-4-oscar?page=2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm