Uji coba fitur peringatan dini gempa bumi pada smartphone Xiaomi di Indonesia
Uji coba fitur peringatan dini gempa bumi pada smartphone Xiaomi di Indonesia ( Xiaomi)

Xiaomi Uji Coba Kirim Peringatan Dini Gempa di Indonesia

2 April 2022 17:21 WIB

SonoraBangka.ID - Xiaomi melakukan uji coba fitur peringatan dini gempa bumi (Earthquake Early Warning/EEW) untuk pengguna di Indonesia.

Fitur ini dikembangkan perusahaan bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia dan Institute of Care Lie di China.

Fitur ini akan memberikan peringatan kepada pengguna hingga belasan detik sebelum gelombang sekunder tiba. Fitur tersebut memanfaatkan kecepatan gelombang listrik yang lebih cepat ketimbang gelombang sekunder.

Saat fitur ini diaktifkan di smartphone Xiaomi dan setelah lembaga terkait mendeteksi gempa bumi, mereka akan melakukan sinkronisasi informasi peringatan dini ke server Xiaomi melalui kanal khusus.

Xiaomi kemudian akan menggunakan channel prioritas untuk mendorong informasi peringatan dini kepada pengguna di daerah yang terjangkau gempa.

Smartphone pengguna kemudian akan membunyikan nada peringatan saat gempa bumi terjadi. Xiaomi sendiri menyarankan para pengguna untuk membiasakan diri dengan nada peringatan tersebut.

Selain sebagai peringatan, fitur EEW akan menampilkan beragam informasi seperti estimasi gempa bumi tiba dan intensitasnya.

Nantinya layar smartphone Xiaomi juga akan menampilkan hitung mundur sesuai dengan waktu estimasi gempa tiba.

Peringatan dini gempa bumi tidak akan diterima pengguna secara seragam.

Menurut keterangan resmi yang dirilis Sabtu (2/4/2022), peringatan dini ini akan muncul bergantung pada intensitas dan lokasinya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm