Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berbicara dengan media saat ia tiba untuk pertemuan para menteri pertahanan NATO di markas NATO di Brussels, Rabu, 16 Februari 2022
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berbicara dengan media saat ia tiba untuk pertemuan para menteri pertahanan NATO di markas NATO di Brussels, Rabu, 16 Februari 2022 ( KOMPAS.com)

NATO: Perang Ukraina-Rusia Bisa Terjadi Bertahun-tahun

7 April 2022 16:28 WIB

SonoraBangka.ID - Kepala NATO Jens Stoltenberg pada Rabu (6/4/2022) mengatakan, tidak ada tanda-tanda Presiden Rusia Vladimir Putin menyudahi ambisinya untuk mengendalikan seluruh Ukraina, dan perang itu dapat berlangsung selama bertahun-tahun.

Stoltenberg mengatakan, konflik Rusia Ukraina sudah mencapai fase kritis ketika Moskwa memindahkan pasukannya yang babak belur keluar dari utara Ukraina dan mempersenjatai kembali mereka dalam persiapan untuk serangan besar di timur.

"Kami tidak melihat indikasi bahwa Presiden Putin mengubah ambisinya untuk mengontrol seluruh Ukraina juga untuk menulis ulang tatanan internasional," kata kepala NATO menjelang pertemuan dengam para menteri luar negeri dari negara-negara anggota aliansi tersebut.

“Kita harus realistis dan menyadari bahwa ini bisa berlangsung lama, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Dan itulah alasan mengapa kita juga perlu bersiap untuk jangka panjang, baik dalam hal mendukung Ukraina, mempertahankan sanksi, dan memperkuat pertahanan kami," lanjutnya dikutip dari AFP.

negara-negara sekutu NATO memasok Ukraina dengan persenjataan utama termasuk rudal anti-tank dan anti-pesawat yang membantu memukul mundur pasukan Rusia.

Namun, Kyiv meminta senjata yang lebih berat termasuk tank, pesawat terbang, sistem pertahanan udara, dan artileri untuk bersiap menghadapi serangan besar di timur.

"Ukraina memiliki kebutuhan mendesak akan dukungan militer," kata Stoltenberg.

“Itulah alasan mengapa sangat penting para sekutu NATO setuju lebih mendukung Ukraina dengan berbagai jenis peralatan militer, baik peralatan yang lebih berat atau juga sistem senjata ringan.”

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba dijadwalkan menghadiri pertemuan dua hari para menteri luar negeri di Brussels.

NATO menolak campur tangan langsung dalam perang di Ukraina yang bukan anggota, karena takut berujung konfrontasi langsung dengan Rusia yang bisa berubah menjadi perang nuklir.

Namun, NATO mengerahkan puluhan ribu pasukan tambahan ke sisi timur aliansi itu dan mengincar peningkatan kekuatan lebih lanjut untuk menangkal ancaman dari Rusia.

"Terlepas dari kapan perang berakhir, ada implikasi jangka panjang bagi keamanan kami, karena kami telah melihat kebrutalannya," ujar Stoltenberg.

"Kami melihat kesediaan Presiden Putin untuk menggunakan kekuatan militer untuk mencapai tujuannya."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "NATO: Perang Ukraina-Rusia Bisa Terjadi Bertahun-tahun", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2022/04/07/160000270/nato--perang-ukraina-rusia-bisa-terjadi-bertahun-tahun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm