Ilustrasi parkir mobil basement(aceh.tribunnews.com)
Ilustrasi parkir mobil basement(aceh.tribunnews.com) ( kompas.com)

Ini Bagian Bodi Mobil yang Gampang Diserang Karat

7 April 2022 22:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Mempunyai mobil mulus berkilau jadi dambaan banyak orang. Walaupun demikian, karatan menjadi salah satu permasalahan yang dapat terjadi pada mobil.

Tentunya mobil yang alami karatan menjadi hal yang menjengkelkan bagi pemiliknya. Tidak cuma mengganggu tampilan mobil, pemilik mobil juga harus menggelontorkan dana untuk perbaikan.

Dwiki T. Nugraha, Head marketing & operations PDV Detailing mengatakan bila karatan pada mobil sering terjadi di beberapa titik.

"Bagian mobil yang paling sering terjadi karatan yaitu atap mobil, sela-sela pintu, lis kaca, dan ujung kap mobil," katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Pada titik-titik tersebut rentan karatan, oleh karena itu banyak pemilik mobil yang membawa kendaraannya ke salon mobil guna memperbaiki karatan pada titik tersebut.

Karatan yang terjadi dapat disebabkan oleh cat bodi yang rusak akibat sisa air dari mencuci mobil tidak kering sempurna. Sisa air masuk ke sela-sela panel bodi mobil yang lambat laun menjadikan panel bodi berkarat.

Tidak hanya itu saja, karatan juga dipicu karena benturan atau goresan sehingga lapisan plat bodi (panel) terkena air langsung.

Permasalahan mobil karatan ini tidak cuma menimpa mobil tua atau lawas saja, mobil keluaran terbaru yang tidak terawat dengan baik juga rentan alami karatan. 

Maka dari itu, hendaknya setiap pemilik mobil juga rutin untuk melakukan perawatan pada mobil. Dengan begitu, kejadian mobil karatan dapat dicegah.

"Apabila penyebab dari cat bodi yang terkelupas maka segera perbaiki dengan cat panel di body repair. Pastikan bengkel body repair menghilangkan total karatnya sebelum proses pengecatan dilakukan," ujar Dwiki.

Mobil karatan juga dapat dicegah dengan memilih tempat parkir teduh dan hindari di bawah sinar matahari langsung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Bagian Bodi Mobil yang Mudah Diserang Karat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/07/160100815/ini-bagian-bodi-mobil-yang-mudah-diserang-karat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm