( )

Ed Sheeran Menang dari Gugatan Hak Cipta

8 April 2022 12:55 WIB

SonoraBangka.Id - Ed Sheeran akhirnya menang dari gugatan hak cipta atas lagunya ‘Shape of You’, yang mana sempat jadi hit global di tahun 2017.

Ed Sheeran dapet tuntutan dari Sami Chokri atau dengan nama panggung Sami Switch.

Nah, Sheeran dituduh menjiplak lagu milik Switch yang berjudul ‘Oh Why’ yang dirilis tahun 2015.

Ada satu bagian dari lirik ‘Shape of You’ dengan frasa “Oh I”, nah! Itu yang dituduh oleh Switch terhadap Sheeran karena mirip banget sama lagunya dilihat dari komposisi yang mereka punya.

Setelah persidangan yang berlangsung selama 11 hari, akhirnya hakim memutuskan kalo Sheeran nggak bersalah.

Dengan putusan Sheeran nggak sengaja atau nggak sadar menyalin part dari lagu Switch.

Dikutip dari BBC News, walaupun ada kesamaan antara satu frasa itu, cuma sekadar bisa dilihat sebagai hal yang bakal memungkinkan pelanggaran terjadi.

Sheeran membagikan sebuah postingan video di akun twitternya, yang mana di dalam video itu Sheeran mengatakan kalo dia belum bisa bicarain tentang gugatan itu karena gugatan sedang berlangsung.

Walau doi senang dengan hasil yang didapat, tapi klaim tersebut baginya terlalu umum.

Sheeran juga bilang kalo kejadian yang kebetulan kayak gini pasti bakal terjadi kalo 60.000 lagu dirilis setiap hari di Spotify dengan hanya 12 nada yang tersedia.

 
 
Kalo lo penasaran, coba deh lo denger lagunya Sami Switch di bawah ini. Kira-kira menurut lo gimana?

SumberHai
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm