Antrean kendaraan pemudik terjadi di gerbang pintu keluar Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/7/2015) yang mengakibatkan kemacetan sepanjang 2 kilometer. Simak daftar jalur alternatif ke Yogyakarta via Pantai Selatan.
Antrean kendaraan pemudik terjadi di gerbang pintu keluar Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (14/7/2015) yang mengakibatkan kemacetan sepanjang 2 kilometer. Simak daftar jalur alternatif ke Yogyakarta via Pantai Selatan. ( (KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO))

29 April Diprediksi Dimulainya Arus Mudik Lebaran 2022

9 April 2022 08:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Pemerintah menyatakan bakal mengizinkan kegiatan mudik pada Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran pada tahun ini. Puncak arus mudik Lebaran 2022 ini pun diprediksi bakal dimulai pada 29 April mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi. “Untuk mudik puncaknya tanggal 29 dan 30 (April), sedangkan baliknya tanggal 7 dan 8 (Mei),” kata Eddy melalui keterangan resmi, Jumat (8/4/2022).

Dengan adanya prediksi tersebut, polisi sudah menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi kepadatan.

Eddy mengatakan, kepolisian telah merumuskan sejumlah skenario untuk mengantisipasi kemacetan dan penumpukan kendaraan selama arus mudik. Menurutnya, di beberapa titik akan dilakukan contraflow hingga sistem one way (satu arah).

“Titik titik potensi kemacetan tetap ada di ruas jalur arteri atau nasional, tol dan wisata. Namun demikian Polri sudah menyiapkan skema cara bertindaknya,” katanya.

Eddy menyebutkan polisi juga akan memberlakukan sistem buka tutup di sejumlah tempat peristirahatan. Namun, ia belum dapat merincikan lebih lanjut mengenai titik-titik tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Menko PMK Muhadjir Effendy memperkirakan jika puncak arus mudik tahun ini terjadi pada H-5 sampai H+1 lebaran. Artinya, puncak arus mudik bisa terjadi pada 28 April hingga 4 Mei 2022. “Biasanya H-5 sampai H+1,” ujar Muhadjir.

Sebagai informasi, arus mudik tahun ini juga menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Dalam sidang kabinet, ia memerintahkan Kapolri, Panglima TNI, dan Menteri Perhubungan untuk mempersiapkan jalur mudik.

Presiden Jokowi menginginkan semua hal tentang mudik ditata sebaik mungkin. Ia tak ingin ada penumpukan pemudik pada libur Lebaran ini.

Bahkan polisi pun diketahui tidak akan melakukan penyekatan pada mudik Lebaran tahun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prediksi Arus Mudik Lebaran 2022 Terjadi pada 29 April", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/09/063200615/prediksi-arus-mudik-lebaran-2022-terjadi-pada-29-april.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm