Ilustrasi menu berbuka puasa
Ilustrasi menu berbuka puasa ( shutterstock)

Tips Puasa Sehat: Hindari Makan Makanan Ini untuk Penderita Hipertensi

12 April 2022 10:39 WIB

SonoraBangka.id - Menjalankan ibdah puasa ramadan wajib bagi umat seluruh umat muslim.

Puasa memang wajib dilakoni siapa saja yang sudah baligh dan dalam kondisi tubuh yang sehat.

Meski tubuh menyimpan penyakit pun, asal tidak kronis dan bisa mematuhi anjuran medis, maka ia masih tetap bisa menjalankan ibadah puasa hingga sebulan lamanya.

Termasuk di sini adalah penderita tekanan darah tinggi.

Asal mematuhi saran soal pola hidup sehat dan pola makan yang benar, maka puasa pun bisa dilalui tanpa rintangan yang berarti.

Hampir sama dengan penderita diabetes, penderita darah tinggi juga memiliki beberapa pantangan menu yang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika makan sahur dan ketika berbuka puasa.

Karena beberapa makanan, bisa memicu melonjaknya tekanan darah hingga di angka yang mengkhawatirkan.

Menurut dr. Etisa Adi Murbawani, M.Si, SpGK, yang aman untuk menjalankan puasa adalah penderita hipertensi yang terkontrol.

Dikatakan terkontrol jika tekanan darah di sekitar 140/90 mmHg, dan tidak ada keluhan yang menganggu dalam menjalankan aktivitas dan ibadah.

Menu tepat untuk penderita darah tinggi Etisa, Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Semarang, menyarankan bahwa sebaiknya penderita hipertensi selalu memperbanyak konsumsi sayuran, buah, dan menu yang berkuah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm