Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.(Youtube/Maxresdefault)
Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.(Youtube/Maxresdefault) ( kompas.com)

Apakah Boleh Nyetir Mobil Tanpa Alas Kaki?

12 April 2022 19:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kebiasaan seseorang dalam mengemudikan mobil sering berbeda satu sama lainnya. Masing-masing pengemudi memiliki cara atau titik nyaman tersendiri saat melajukan mobil.

Bahkan, ada beberapa pengemudi yang memilih tidak memakai alas kaki atau nyeker. Walaupun dianggap nyaman, banyak yang belum tahu bila kebiasaan ini berbahaya.

Mengendarai kendaraan roda empat tanpa alas kaki akan mempengaruhi faktor keselamatan saat berkendara.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, jika tidak menganjurkan pengendara mengendarai mobil tanpa alas kaki.

“Tidak boleh mengendarai mobil tanpa alas kaki. Jika tanpa alas kaki, kaki bisa berkeringat sehingga kaki slip mudah dari pedal. Jadi ini sangat berbahaya,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Pada mobil transmisi matik terdiri dari pedal rem dan juga gas. Sementara itu pada mobil transmisi manual terdiri dari tiga pedal yaitu rem, gas dan kopling.

Baik itu mobil matik atau manual, kinerja kaki pada pedal mobil sangatlah berperan penting pada keselamatan berkendara. Kaki haruslah bergerak lincah berpindah dari pedal satu ke pedal yang lainnya.

Apabila mengendarai mobil tanpa pelindung ada alas, kaki akan gampang berkeringat bahkan terluka. Kaki yang berkeringat akan licin sehingga tidak sigap saat berpindah dari pedal satu ke pedal lainnya.

Maka dari itu, mengemudikan mobil tanpa alas kaki akan berbahaya. Kendati ada beberapa pengemudi yang mengatakan lebih nyaman mengendarai tanpa alas kaki, hal ini sebenarnya keliru.

Roslianna menjelaskan jika kemampuan mengendarai mobil bukanlah dari kaki. Kaki hanyalah perantara dari gaya yang diberikan oleh tulang ekor, bokong dan paha.

“Jangan termakan mitos yang mengatakan bahwa merasakan pergerakan kendaraan dari telapak kaki. Sebenarnya gaya tersebut bukan dari telapak kaki, tapi dari tulang ekor, bokong dan paha,” ujar Roslianna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bolehkah Nyetir Mobil Tanpa Alas Kaki?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/12/152100515/bolehkah-nyetir-mobil-tanpa-alas-kaki-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm