Ilustrasi
Ilustrasi ( obligasi.co.id)

Jenis-Jenis serta Tips Investasi Reksadana yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Pemula

22 April 2022 19:48 WIB

 

SONORABANGKA.ID - Pengelolaan finansial yang benar dan tepat akan memberikan jaminan keamanan. Keadaan finansial yang aman sudah tentu menjadi impian banyak orang.

Namun, tak banyak yang tahu cara mengelola keuangan sehingga menyebabkan pada keadaan finansial yang cacat. Investasi reksadana menjadi salah satu cara terbaik untuk mengelola keuangan.

Selain memberikan keuntungan, investasi menjadi cara modern untuk menabung.

Reksadana merupakan salah satu aset investasi yang saat ini banyak diminati. Keuntungan yang ditawarkan serta jaminan modal yang aman membuatnya populer.

Investasi reksadana merupakan produk investasi ilegal yang dikelola oleh sekumpulan investor. Ada berbagai instrumen investasi yang tersedia di pasar modal, yang kemudian dijadikan unit penyertaan reksadana.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai pengelolaan keuangan yang benar, bisa menjadikan reksadana sebagai investasi. Sebelum memulai investasi, ada 4 jenis reksadana yang bisa Anda beli di pasar saham. Berikut ulasannya!

1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana jenis ini merupakan penempatan investasi pada instrumen pasar uang. Lama investasinya kurang dari satu tahun, sehingga sangat cocok bagi yang ingin mendapatkan return di tiap bulannya. Contoh dari investasi di pasar uang ini seperti deposito berjangka, Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan lain sebagainya.

Keuntungan dari reksadana pasar uang sendiri lebih pasti dan hampir tidak memiliki resiko. Meskipun keuntungannya jelas dan pasti, keuntungan yang didapatkan relatif sedikit.

2. Reksadana Saham

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm