Ilustrasi Ramadan
Ilustrasi Ramadan ( )

Jika Penetapan Awal Puasa Berbeda, Mengapa Hari Lebaran Bisa Sama?

27 April 2022 14:25 WIB

SonoraBangka.id - Momen Idulfitri 1443 Hijriah atau perayaan lebaran 2022 kemungkinan akan dirayakan pada hari yang sama.

Jika teman-teman ingat, awal puasa Ramadan kemarin terjadi perbedaan.

Yakni ada yang memulai tanggal 2 April atau 3 April 2022.

Jika penetapan awal puasa berbeda, mengapa lebaran bisa sama, ya?

Yuk, kita cari tahu dari penjelasan Kementerian Agama berikut ini!

Awal Puasa Beda, Tapi Lebaran Sama?

Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan adanya kemungkinan Lebaran 2022 akan jatuh secara bersamaan, yakni pada Senin, 2 Mei 2022.

Dilansir dari Kompas (27/4/2022), kemungkinan itu terjadi karena hilal yang terbentuk pada 1 Mei 2022 sudah memenuhi persyaratan pergantian bulan Ramadan ke bulan Syawal.

Berbeda dengan kalender Masehi, penghitungan kalender Hijriah adalah berdasarkan gerak evolusi Bulan terhadap Bumi.

Evolusi Bulan terhadap Bumi akan menghasilkan beberapa fase Bulan, yakni Bulan baru, Bulan sabit I, Bulan setengah I, Bulan purnama, Bulan cembung, Bulan setengah II, Bulan sabit II, dan kembali ke fase Bulan baru.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm