Ilustrasi
Ilustrasi ( shutterstock)

Berikut Ini Tips Mendampingi Pasangan dengan Masalah Mental

27 April 2022 16:46 WIB

SonoraBangka.id - Tentunya tidak mudah jika mempunyai pasangan dengan gangguan kesehatan mental atau jiwa.

Dibutuhkan kesabaran hingga cara khusus untuk menghadapinya. Kalau tidak, bisa-bisa mental Anda juga ikut terganggu.

Umumnya orang yang memiliki masalah kesehatan mental akan mengalami gangguan suasana hati, kemampuan berpikir, serta kendali emosi yang pada akhirnya bisa mengarah pada perilaku buruk.

Lantas hal apa saja, sih, yang harus dilakukan oleh kita sebagai pasangan

Terbuka

Pertama, harus terbuka sejak awal. Jangan ragu untuk membicarakan kesehatan mental Anda dan pasangan.

Lalu bagaimana agar pasangan mau terbuka soal kesehatan mentalnya? Tunjukkan sikap keterbukaan dan toleransi, bisa juga sesekali kita memberikan komentar atau menyuarakan isu
kesehatan mental.

“Sebaiknya masalah-masalah seperti ini dibicarakan sejak awal, kita enggak perlu menutupi
sesuatu apalagi yang berkaitan dengan masalah kesehatan mental, karena bagaimanapun juga orang yang ada di sisi kita harapannya adalah orang yang ada seumur hidup kita. Kalau mereka enggak tahu kondisi kita bagaimana mereka bisa tahu sebenarnya mereka bisa sanggup atau tidak,” kata Alexandra Gabriella Adeline., M.Psi, C.Ht, C.Est, Psikolog Klinis dari Smart Mind Center
Consulting.

Kuncinya adalah rasa aman. Melihat kita adalah orang yang terbuka terhadap kesehatan mental, bisa membuat pasangan lebih merasa aman untuk bercerita.

Bertanyalah dengan intonasi yang netral. Hindari saran atau judgement ketika mereka bercerita. Cukup berikan respons yang empatik dan dengarkan mereka sebagai bentuk dukungan emosional.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm