Ilustrasi ban mobil(Dok. Autoindustriya.com)
Ilustrasi ban mobil(Dok. Autoindustriya.com) ( kompas.com)

Waktu yang Tepat Untuk Memeriksa Tekanan Udara Ban Mobil

5 Mei 2022 22:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ban merupakan salah satu komponen penting pada mobil, karena ban adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan dengan aspal.

Maka dari itu, memastikan kondisi ban mobil tetap dalam keadaan prima sangat penting. Mengecek tekanan udara ban mobil menjadi salah satu yang bisa dilakukan untuk memastikan ban dalam keadaan baik.

Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette mengatakan kalau pemeriksaan tekanan udara  ban mobil wajib dilakukan secara rutin karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara.

"Jangka waktu ideal memeriksa tekanan udara pada ban mobil adalah dua minggu sekali, atau selambat-lambatnya satu bulan sekali, tetapi jangan sampai lebih dari satu bulan tidak mengecek tekanan angin pada ban," kata Steve pada Kompas.com.

Steve menjelaskan bila kurangnya tekanan udara atau mengisi secara berlebihan, dapat mengakibatkan ban haus lebih cepat. Bahkan daya cengkram berkurang sehingga kendaraan boros bahan bakar.

Secara umum pengendara memiliki pengetahuan yang baik tentang tekanan yang ideal, namun masih jarang memeriksa tekanan angin secara rutin.

Customer Engineering Support Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi, menyarankan agar pengendara rutin meluangkan waktu beberapa menit setiap bulan untuk memeriksa tekanan udara ban mobil.

"Meskipun tidak ada kerusakan yang terlihat di permukaan, ban bisa kehilangan tekanan udara hingga 1 psi setiap bulan. Hal ini dapat dipercepat oleh kebocoran udara dikarenakan kebocoran yang tidak disengaja, kebocoran pada katup atau tutup katup, atau kerusakan roda," kata Fachrul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waktu yang Tepat Memeriksa Tekanan Udara Ban Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/04/164100815/waktu-yang-tepat-memeriksa-tekanan-udara-ban-mobil.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm