Bakal Dirilis BTS
Bakal Dirilis BTS ( KOMPAS.com/Fitri Nursaniyah)

Bakal Dirilis BTS, Apa Itu Album Antologi?

6 Mei 2022 19:17 WIB

SonoraBangka.ID - Grup asal Korea Selatan, BTS, telah mengumumkan comeback lewat album antologi pada 10 Juni 2022.

BTS telah merilis logo trailer album antologi bertajuk "Proof" di kanal YouTube BANGTANTV belum lama ini.

Proof akan jadi album antologi BTS pertama setelah grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook itu berkarier selama 9 tahun di industri musik.

Melalui Weverse, agensi Big Hit Music menjelaskan bahwa album antologi Proof akan berisi tiga CD dengan tiga lagu baru di dalamnya. Lagu itu merupakan pemikiran yang dituangkan BTS soal masa lalu, masa kini, dan masa depan mereka.

Selanjutnya dalam album antologi, ada lagu-lagu BTS yang menemani perjalanan mereka sejak debut pada 2013. Namun hingga kini belum ada informasi lebih lanjut terkait lagu apa saja yang akan dimasukkan ke dalam album antologi Proof.

Tak banyak dirilis oleh musisi terkhusus grup Kpop, berikut penjelasan singkat soal album antologi sebagaimana dirangkum Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Apa itu Album Antologi?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan album sebagai kaset lagu-lagu atau kumpulan lagu dalam rekaman kaset.

Sementara antologi didefinisikan sebagai kumpulan karya tulis pilihan dari seseorang atau beberapa orang pengarang. Dalam KBBI, album juga didefinisikan sebagai buku berisi antologi.

Dalam ruang lingkup musik, DBpedia mendefinisikan antologi sebagai kaset kompilasi berisi lagu-lagu hit sebuah grup band. Dalam kasus album kompilasi, lagu-lagu dari seorang musisi akan dikumpulkan berdasarkan karakteristik tertentu, misalnya genre atau popularitas.

Ada sederet musisi dunia yang pernah merilis album antologi. Seperti The Beatles, grup musik beraliran rock asal inggris.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm