Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.(Dok. Suzuki)
Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.(Dok. Suzuki) ( kompas.com)

Sudah Ada Tim Balap yang Siap Gantikan Slot Suzuki Pada MotoGP

7 Mei 2022 21:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rumors hengkangnya Suzuki dari kelas MotoGP belakangan santer diberitakan. Walaupun, belum ada pernyataan resmi dari Suzuki, namun sudah ada tim balap yang siap menggantikannya.

Dikutip dari Motorsport.com, Sabtu (7/5/2022), Suzuki berencana undur diri di akhir musim 2022. Kejadian ini bukan yang pertama bagi pabrikan asal Jepang tersebut.

Pada akhir 2011, Suzuki juga memutuskan untuk pamit dari MotoGP. Saat itu, alasannya cukup kuat, karena masalah finansial.

Kali ini, belum ada penjelasan resmi mengapa Suzuki ingin keluar. Selain itu, Dorna Sports juga menyebutkan bahwa Suzuki tidak bisa keluar begitu saja dan melanggar kontrak.

Sebab, menurut kontrak, Suzuki masih harus balapan hingga akhir musim 2026, seperti pabrikan lainnya. Bila dilihat, tim ini juga masih kompetitif, walaupun belum meraih kemenangan.

Kabarnya, Leopard Racing siap mengambil slot yang ditinggalkan Suzuki kalau memang rumor tersebut benar. Tim tersebut pernah meraih gelar juara dunia Moto3 pada 2015 bersama Danny Kent, 2017 bersama Joan Mir, dan 2019 dengan Lorenzo Dalla Porta.

"Kita akan lihat bagaimana situasi berkembang, ada kontrak yang terlihat dan saya pikir Suzuki tidak akan bisa pergi begitu saja, karena sudah menandatangani kontrak hingga 2026," ujar Christian Lundberg, pemilik tim Leopard Racing.

"Kita akan lihat, tapi jika ada bangku kosong dan Tuhan berkehendak, mereka (Dorna) memberikannya pada kami, kami akan sangat senang," katanya.

Lundberg mengatakan, semua paddock tahu pihaknya sangat tertarik dan akan mengambil langkah tersebut kalau kesempatannya memang ada. Namun, dia mengatakan, masih panjang jalannya untuk ke MotoGP.

Lundberg menambahkan, jika Leopard Racing benar akan naik ke MotoGP, maka pihaknya akan menggandeng Aprilia. Menurutnya, Aprilia adalah satu-satunya opsi yang terbaik, karena pabrikan tersebut cuma memiliki dua motor di grid saat ini.

"Akan sangat bagus bagi kami bekerja dengan Aprilia. Ditambah lagi, tim kami setengah Italia dan akan lebih mudah dibanding bekerja dengan Jepang," ujar Lundberg.

Sebelumnya, CEO Aprilia Massimo Rivola, mengatakan, pihaknya terbuka bagi tim lain yang ingin menjadi tim satelit kalau ada tawaran bagus yang datang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudah Ada Tim Balap yang Siap Gantikan Slot Suzuki di MotoGP", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/07/084200815/sudah-ada-tim-balap-yang-siap-gantikan-slot-suzuki-di-motogp.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm