Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Bambang Sunarwibowo saat memonitor kegiatan pemusatan latihan nasional SEA Games 2021 di Basecamp Military Lifestyle, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022).
Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Bambang Sunarwibowo saat memonitor kegiatan pemusatan latihan nasional SEA Games 2021 di Basecamp Military Lifestyle, Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). ( (ANTARA/HO-PBESI))

PBESI Janjikan Bonus Rp 7 Miliar Bagi Atlet Esports Peraih Medali Emas di SEA Games 2021

10 Mei 2022 07:02 WIB

SonoraBangka.ID - Southeast Asian Games 2021 (SEA Games 2021) akan segera digelar. Pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara yang ke-31 ini akan berlangsung pada 12-23 Mei 2022 di Hanoi, Vietnam.

Di cabang olahraga (cabor) Esport, Indonesia mengirimkan 38 atlet untuk enam nomor. Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengatakan pihaknya telah menyiapkan hadiah tambahan senilai Rp 7 miliar bagi para atlet Esports Indonesia yang berhasil meraih medali emas.

Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo mewakili Ketua Umum Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menyampaikan bahwa hadiah tersebut juga ditujukan untuk pelatih yang berhasil membimbing para atlet ke posisi teratas dalam kategori olahraga Esports.

"Dalam waktu dekat ini, mereka harus bisa mempersiapkan semuanya dengan baik dan menunjukkan staminanya, agar memperoleh medali emas untuk bangsa Indonesia," ucap Bambang sebagaimana dihimpun dari Antara News, Senin (9/5/2022).

Selain menjanjikan hadiah yang tergolong fantantis, Bambang mengatakan bahwa setiap atlet juga dipastikan bakal menerima uang saku tambahan. Menurut Bambang, PBESI akan menggelontorkan dana senilai Rp 850 juta kepada 38 atlet yang berpartisipasi di SEA Games 2021.

Target enam medali emas

Sebelumnya, atlet Indonesia hanya ditargetkan untuk membawa pulang lima medali emas dari ajang SEA Games 2021.

Namun, target tersebut meningkat untuk tahun ini menjadi enam medali emas, usai dilaksanakannya analisa performa terhadap atlet yang menjalani pemusatan latihan nasional di Basecamp Military Lifestyle, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

"Akan ada 38 atlet yang akan diberangkatkan dari enam nomor pertandingan. Kami berharap keenamnya ini masing-masing bisa mendapatkan emas," kata Bambang.

Esports merupakan cabang olahraga yang cukup baru hadir di perhelatan SEA Games. Ajang yang digelar pada tahun ini menjadi kali kedua bagi SEA Games dalam menghadirkan olahraga cabang Esports, setelah memulai debutnya di SEA Games 2019 lalu.

Selama ajang SEA Games 2021 berlangsung, setidaknya ada 10 medali emas yang bisa diraih dari delapan judul game yang akan dipertandingkan. Kedelapan game tersebut akan terbagi menjadi dua versi, yakni game PC dan Mobile.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm