Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobil(Unsplash/Albert Vincent Wu)
Cara menghilangkan bau rokok di dalam mobil(Unsplash/Albert Vincent Wu) ( kompas.com)

Cara Gampang Hilangkan Bau Asap Rokok Pada Kabin Mobil

10 Mei 2022 07:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika melakukan perjalanan memakai mobil dilarang untuk merokok karena berbahaya. Bahkan larangan ini tertulis di pasal 106 Undang Undang Nomor. 22 tahun 2008 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Tapi kebiasaan buruk ini masih banyak dilakukan oleh pengemudi atau penumpang mobil. Merokok di dalam mobil tidak cuma mengganggu keselamatan berkendara, bau dari asap rokok juga membuat kabin mobil bau.

Bahkan, aroma rokok yang tertinggal di kabin mobil cenderung susah dihilangkan dan mengganggu kenyamanan berkendara.

Presiden Direktur XTO Car Care, Christopher Sebastian mengatakan kalau bau asap rokok yang tertinggal pada kabin akan sulit dihilangkan dengan mudah.

“Meskipun sudah disemprot pengharum mobil, bau asap rokok akan kembali muncul, karena sudah menempel pada jok dan karpet,” ujar Christopher kepada Kompas.com.

Untuk menghilangkan bau rokok di kabin mobil bubuk kopi dapat menggunakan cara alami. Bubuk vanilla, atau kayu manis dapat digunakan untuk menyerap, dan menyebarkan aroma yang bisa mengalahkan bau dari asap rokok.

Pemilik mobil juga harus membersihkan interior mobil dengan vacum cleaner dan mengelap interior seperti jok, dasbor, plafon, dengan cairan pembersih.

Usai dibersihkan, nyalakan AC, dan buka kaca mobil sambil berkendara perlahan supaya sirkulasi udara dalam kabin menjadi baik.

Terakhir, pemilik mobil harus melakukan fogging untuk menetralisir bau tidak sedap dalam kabin.

“Dengan melakukan fogging, maka bau rokok dalam kabin akan berkurang jauh, bahkan bisa hilang sama sekali. Sehingga kabin menjadi fresh kembali,” kata Christopher.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mudah Hilangkan Bau Asap Rokok di Kabin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/09/185100115/cara-mudah-hilangkan-bau-asap-rokok-di-kabin-mobil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm