Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama CEO Tesla Inc Elon Musk.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bersama CEO Tesla Inc Elon Musk. ( KOMPAS.com)

Lirik Nikel, Elon Musk Kirim Timnya ke Indonesia

11 Mei 2022 08:05 WIB

SonoraBangka.ID - Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengungkapkan bahwa CEO Tesla Inc Elon Musk telah mengirimkan timnya ke Indonesia.

Menurut Jodi, hal itu dilakukan setelah Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menawarkan nikel Indonesia saat bertemu dengan Elon Musk di Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Hal tersebut untuk memenuhi bahan baku pengembangan kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV) yang menjadi produk andalan Tesla.

"Pak Menko Marves dalam pertemuan menjelaskan kepada Elon Musk bahwa Indonesia bisa memenuhi kebutuhan nikel dengan standar environmental, social, and governance (ESG) yang tinggi, terutama dari aspek lingkungan dan emisi karbon," ujarnya, Rabu (11/5/2022).

Atas pertemuan dan pembahasan itu, Elon Musk mengirimkan tim dari Tesla untuk bertemu dengan Luhut di Indonesia.

"Sebagai follow up, Tesla sudah mengirimkan enam orang tim dari Tesla yang berkunjung ke Indonesia dan melakukan pembahasan-pembahasan yang terkait," kata Jodi.

Ia mengatakan pemerintah Indonesia memberikan kemudahan bagi para investor berinvestasi di Indonesia melalui Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Pemerintah juga menjamin investasi tidak akan merusak lingkungan.

Dalam beberapa tahun terakhir ucapnya, Indonesia telah melakukan banyak reformasi dari sisi perbaikan regulasi dan iklim investasi, terutama melalui Omnibus Law atau UU Cipta Kerja.

"Perbaikan regulasi yang mendorong kemudahan investasi ini dilaksanakan melalui risk-based assessment sehingga tidak akan mengorbankan aspek lingkungan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan bertemu Elon Musk di sela-sela kunjungannya ke Amerika Serikat (AS). Hanya saja, Luhut belum memastikan lokasi pertemuan kedua tokoh itu.

Luhut mengungkapkan, tim dari Tesla akan melakukan peninjauan lapangan.

"Sekarang timnya Tesla ada di kantor saya sedang bicara, tadi makan siang, nanti makan malam, besok ke lapangan besok tinjau ke Morowali, ke mana-mana. Tadi mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lirik Nikel, Elon Musk Kirim Timnya ke Indonesia", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/05/11/061759526/lirik-nikel-elon-musk-kirim-timnya-ke-indonesia.

SumberKOMPAS.com
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm