Potret iPod dari masa ke masa
Potret iPod dari masa ke masa ( Wikimedia)

End of an Era! iPod Resmi Nggak Diproduksi Lagi Oleh Apple

13 Mei 2022 14:35 WIB

SonoraBangka.ID - Diperkenalkan hampir 21 tahun lalu, Apple memutuskan untuk nggak lagi melanjutkan produksi perangkat pemutar musiknya yang mengubah tren di abad 21, iPod.

iPod adalah pemutar MP3 yang kecil serta praktis yang merevolusi sistem penjualan musik. Dengan mengemas jargon ‘1000 lagu yang menakjibkan’, perangkat ini bersama dengan iTunes membentuk model distribusi baru bagi industri musik.

Diakui, penghentian produksi iPod memang diakibatkan oleh term iPhone do-it-all’ atau yang berarti iPhone mengerjakan semuanya yang menggerus penjualan perangkat yang hanya menyediakan satu fungsi utama seperti iPod. Tren layanan streaming musik termasuk yang dibuat oleh Apple sendiri semakin mendorong eksistensi iPod menuju ke jurang pemberhentian.

Melansir dari AFP, pihak Apple menyatakan bahwa generasi iPod saat ini hanya akan tersedia selama sisa persediaan masih ada. 

“Musik selalu menjadi bagian dari inti kami di Apple, dan membawanya ke ratusan juta pengguna seperti iPod yang berdampak lebih dari sekadar industri musik," kata Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple, Greg Joswiak.

Joswiak juga nggak lupa untuk mengenang ‘jasa’ iPod dalam pengembangan produknya termasuk iPhone, iPad, dll.

“Ini (iPod) juga mendefinisikan ulang bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan,”

Pemberhentian iPod di tahun ini sebenarnya telah diprediksikan sejak lama. Rilisnya iPhone di tahun 2007 sudah digadang-gadang akan menghancurkan reputasi dan permintaan iPod karena sebagai smartphone, iPhone menyediakan sesuatu yang nggak hanya musik digital melainkan banyak hal.

(*)

 
 
 

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm