Ilustrasi New York Stock Exchange
Ilustrasi New York Stock Exchange ( KOMPAS.com)

Wall Street Berakhir Hijau, Saham Meta Platforms, Alphabet hingga Tesla "Terbang"

14 Mei 2022 17:28 WIB

SonoraBangka.ID - Bursa saham Amerika Serikat atau Wall Street berakhir hijau pada penutupan Jumat (13/5/2022). Kenaikan harga saham terjadi setelah penurunan dalam beberapa hari sebelumnya akibat kekhawatiran pasar akan inflasi.

Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 466,36 poin atau 1,47 persen, menjadi 32.196,66. S&P 500 naik 2,39 persen dan ditutup pada level 4.023,89, sementara itu Nasdaq Composite melonjak 3,82 persen dan berakhir pada 11.805.

"Penurunan harga saham tidak terjadi selamanya. Bahkan dalam kondisi pasar yang mengalami trend koreksi atau bearish, beberapa saham cenderung mengalami relil dan tampaknya akan dimulai hari ini," kata Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA mengutip CNBC.

Semua sektor S&P 500 ditutup lebih tinggi pada hari Jumat dipimpin oleh kenaikan sektor konsumen dan teknologi informasi, yang masing-masing 4,1 persen dan 3,4 persen. Saham Nike dan Salesforce naik 4,7 persen dan 4,1 persen. Sementara American Express dan Boeing masing-masing menguat lebih dari 3 persen.

Saham teknologi yang terpukul juga kembali bangkit dengan kenaikan Meta Platforms dan Alphabet masing-masing naik 3,9 persen dan 2,8 persen. Tesla juga melonjak 5,7 persen, sementara semikonduktor Nvidia dan AMD melesat lebih dari 9 persen. Demikian juga dengan Apple yang naik 3,2 persen.

Sementara itu, saham AMC Entertainment dan GameStop masing-masing melonjak 5,5 persen dan 9,9 persen, melanjutkan kenaikannya di hari sebelumnya. Sementara itu, saham Twitter anjlok 9,7 persen setelah Elon Musk mengumumkan penghentian kesepakatan pengambilalihan saat ia menunggu rincian lebih lanjut tentang akun palsu platform. Sementara itu, saham Robinhood melesat 24,9 persen, setelah CEO crypto Sam Bankman-Fried mengakuisisi perusahaan.

"Mungkin tidak terlalu banyak risiko penurunan menurut pendapat kami, tetapi kami melihat ada potensi penurunan lagi, dan rata – rata kecenderungan pasar bearish antara 23 persen hingga 25 persen,” kata Stovall.

Salah satu alasan mengapa saham mengalami kesulitan dalam beberapa bulan terakhir adalah inflasi yang tinggi, dan upaya Federal Reserve untuk menahan harga dengan menaikkan suku bunga. Ketua Fed Jerome Powell mengatakan The Fed tidak dapat menjamin penurunan inflasi tidak berujung resesi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wall Street Berakhir Hijau, Saham Meta Platforms, Alphabet hingga Tesla "Terbang"", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/05/14/072723526/wall-street-berakhir-hijau-saham-meta-platforms-alphabet-hingga-tesla-terbang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm