Sirkuit Losail, Qatar. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)(KARIM JAAFAR)
Sirkuit Losail, Qatar. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)(KARIM JAAFAR) ( kompas.com)

MotoGP Qatar Tidak Lagi Jadi Seri Pembuka Pada Musim 2023

17 Mei 2022 22:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Selama bertahun-tahun, MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Losail selalu menjadi seri pembuka. Tapi, tidak lagi untuk musim depan.

Sirkuit Losail sudah menjadi tuan rumah untuk MotoGP sejak musim 2004. Sejak 2008 hingga sekarang, Qatar menjadi satu-satunya tuan rumah yang menggelar balapan pada malam hari setidaknya sampai 2031.

Mulai tahun 2007 hingga sekarang, Qatar selalu menjadi seri pembuka tiap musimnya. Akan tetapi, untuk musim 2023 akan terjadi perubahan.

Dikutip dari Motorsport.com, Senin (16/5/2022), Sirkuit Losail akan direnovasi besar-besaran. Renovasi dilakukan pada area paddock dan fasilitas sirkuit lainnya.

"Proyek remodelling akan dimulai pada 2022 dan akan ada beberapa area yang dikembangkan untuk menciptakan pengalaman yang lebih baik untuk semua yang balapan dan mengunjungi sirkuit, mulai dari pebalap dan tim hingga penggemar dan tamu," tulis keterangan dari Sirkuit Losail.

Disebutkan bahwa renovasi ini akan membuat Sirkuit Losail sebagai sirkuit yang paling canggih nantinya. Pengerjaan akan dimulai pada 2022 yang artinya 2023 tidak akan menjadi seri pembuka.

"Sebagai gantinya, balapan akan digelar pada akhir musim, di bawah sorotan lampu-lampu Losail saat olahraga ini kembali untuk menikmati balapan yang luar biasa, seperti tradisi pada Qatar GP," tulis keterangan tersebut.

Hingga saat ini, belum dipastikan di mana seri perdana MotoGP 2023 akan digelar. Kabarnya, sudah ada wacana untuk menjadikan MotoGP Australia sebagai seri perdana supaya keadaan cuacanya lebih baik dibandingkan saat bulan Oktober.

Kemungkinan besar wacana tersebut dapat diwujudkan, mengingat seri kedua akan digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, untuk MotoGP Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MotoGP Qatar Tidak Lagi Jadi Seri Pembuka untuk Musim 2023", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/17/074200615/motogp-qatar-tidak-lagi-jadi-seri-pembuka-untuk-musim-2023.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm