Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah ketika memberikan keterangan pers mengenai THR Keagamaan secara virtual, di Jakarta, beberapa waktu lalu.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah ketika memberikan keterangan pers mengenai THR Keagamaan secara virtual, di Jakarta, beberapa waktu lalu. ( KOMPAS.com)

RI-Jepang Buka Program Pelatihan Perawat Lansia

18 Mei 2022 09:36 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bersama Hinode Social Welfare Corporation, Jepang, tengah mempersiapkan program pelatihan sebagai calon pekerja di Jepang melalui skema Specified Skilled Workers atau SSW pada tahun ini.

Menaker Ida Fauziyah mengatakan, Jepang saat ini membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang tinggi dikarenakan banyak penduduknya telah memasuki usia lanjut.

"Hal ini tentunya merupakan peluang sangat baik bagi SDM Indonesia yang ingin bekerja sebagai perawat lansia/Caregiver di Jepang, mengingat Negara Jepang tertarik atas kemampuan dan sikap tenaga kerja Indonesia yang dikenal dengan ramah dan sopan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Sejak beberapa tahun lalu, lanjut Menaker, Pemerintah Jepang mendorong penerimaan peserta pemagangan maupun tenaga kerja asing melalui skema SSW tersebut.

Dia mengungkapkan, setelah menyelesaikan pelatihan ini, para lulusan berkesempatan untuk mengikuti uji kompetensi sesuai standar Jepang.

"Apabila lulus maka berkesempatan untuk bekerja di Jepang melalui skema Specified Skilled Workers atau SSW," ucapnya.

Sebagai informasi, Hinode Medical Walfare Group adalah perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan makanan. Perusahaan tersebut berbasis di Perfektur Hyogo, Jepang.

Selain di Jepang, Amerika Serikat (AS) juga tengah membuka 11 juta lowongan kerja. Staf Khusus Menaker Hindun Anisah sebelumnya mengatakan, Negeri Paman Sam disebutnya tengah mengembangkan program pemagangan untuk memberikan pengalaman kerja bagi tenaga kerja muda. Menurutnya, budaya kerja di AS mirip dengan budaya kerja di Jepang yakni gigih.

"Pada pertemuan tadi, kita jajaki apakah ada peluang untuk menerima pemagangan dari Indonesia. Pemagangan ini kan bagus karena belajar ke Amerika Serikat yang notabene secara keterampilan para pekerja di sana lebih bagus," kata dia melalui keterangan tertulis.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "RI-Jepang Buka Program Pelatihan Perawat Lansia ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/05/17/213000926/ri-jepang-buka-program-pelatihan-perawat-lansia-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm