Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin.
Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin. ( Dok Kemenko Maritim)

Presiden Jokowi Bolehkan Warga Tak Pakai Masker di Luar Ruangan, Pj Gubernur Babel: Itu Imbauan

18 Mei 2022 14:30 WIB

SonoraBangka.id - Pemerintah Republik Indonesia, telah menetapkan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker di luar ruangan atau area terbuka. 

Kebijakan, tersebut langsung disampaikan Presiden Joko Widodo, pada Selasa (17/5/2022) kemarin, di Istana Negara.

Hal ini disampaikan, karena memperhatikan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

 

Penjabat (Pj) Gubernur Bangka BelitungRidwan Djamaluddin, mengomentari terkait kebijakan dari Presiden Joko Widodo tersebut.

"Gini, kita itu harus menterjemahkan semua arahan presiden itu, sekali lagi dengan sungguh-sungguh dan hati-hati. Bagus, anda sudah tidak memakai masker, yakin benar ya. Karena tidak pakai masker, mengorbankan yang pakai masker, yang lain," kata Ridwan kepada Bangkapos.com, di sela kegiatan Rakorwasin Keubangda 2022 tingkat Provinsi Bangka Belitung, di BPKP Babel, Rabu (18/5/2022).

 

Ridwan, yang merupakan mantan pejabat di Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman Investasi (Kemenko Marves) ini, menegaskan kebijakan pemerintah tersebut merupakan bentuk himbauan, yang harus dilakukan.

"Jadi itu imbauan, boleh silakan. Tetapi saya merasa, saya memakai masker saja lebih aman. Silakan juga, yang penting kita bertanggungjawab pada tindakan kita. Pemerintah sudah memberikan arahan, kita ikuti, tetapi itu di luar ruang bukan di dalam ruang," ungkapnya.

Dikatakan Ridwan, kebijakan pemerintah tersebut harus dilaksanakan masyarakat. Tetapi harus penuh dengan kehati-hatian.

"Jadi sikapi dengan hati-hati. Bagus, tetapi jangan sampai kita kembali mengalami, pandemi, wabah karena sikap kita yang tidak hati-hati. Bukan salah presiden, bukan salah pemerintah, kita sendiri harus menyikapinya lebih hati-hati," pesan Ridwan, yang juga menjabat Dirjen Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini. 

Sekretaris Percepatan, Penanganan, Satgas Covid-19 Babel, Mikron Antariksa, mengatakan, satgas menyambut baik terkait kebijakan kelonggaran berkaitan dengan protokol kesehatan dalam menggunakan masker di luar ruangan.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm