lampu sein(-)
lampu sein(-) ( kompas.com)

Jangan Lupa Jarak Aman Gunakan Lampu Sein

21 Mei 2022 19:32 WIB

SONORABANGKA.ID - Walau sudah mempersiapkan diri dengan baik, tapi kecelakaan lalu lintas bisa disebabkan banyak faktor. 

Justru terkadang malah kecelakaan terjadi karena kecerobohan pengendara lain. Salah satunya tak menggunakan sein saat akan berbelok.

Perlu diketahui, sein merupakan alat komunikasi pada kendaraan sekaligus komponen yang penting, tapi masih banyak pengendara yang abai dengan fungsinya.

Bahkan banyak yang hanya menganggap sein sebagai formalitas, dan pengendara menggunakannya saat berbelok tanpa memikirkan dan mengambil jarak aman.

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana mengatakan, untuk menyalakan lampu sein butuh perhitungan, jangan terlalu jauh ataupun dekat dengan titik berbelok.

"Sein berfungsi sebagai isyarat atau tanda kita ingin berbelok, sebaiknya jarak 30 meter sebelum belok kita sudah menyalakan lampu sein, agar tidak terlalu jauh dan tidak juga terlalu dekat," kata Agus, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Agus mengatakan, memperkirakan waktu dan jarak untuk menyalakan sein sebelum belok cukup penting agar pengendara lain memiliki antisipasi yang baik.

Dengan demikian, pengendara di belakang dapat mengantisipasi situasi di depan. Tapi sebelum belok, pastikan juga sudah mengurangi kecepatan sehingga tak mendadak.

Tidak hanya memberi kode pada pengguna jalan di belakang, tapi juga pengguna jalan dari arah yang berlawanan. Dengan menyalakan lampu sein tepat waktu, risiko kecelakaan dapat berkurang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat Jarak Aman Gunakan Lampu Sein ", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/21/134200815/ingat-jarak-aman-gunakan-lampu-sein-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm