Silaturahmi bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan , Kepala SMA/SMK/SLB dan Pengawas Sekolah se Babel
Silaturahmi bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan , Kepala SMA/SMK/SLB dan Pengawas Sekolah se Babel ( Diskominfo Babel)

Pentingnya Sekolah Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

25 Mei 2022 19:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Istri Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Sri Utami Soedarsono Ridwan Djamaluddin mengungkapkan, niatnya atas beberapa hal yang ingin ia lakukan saat menjadi istri orang nomor satu di Babel.

Salah satunya membuat standarisasi pendidikan bagi anak-anak disabilitas.

"Program pendidikan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau disabilitas harus memiliki standar khusus, tidak bisa disamakan programnya, karena anak-anak ini adalah anak-anak unik dengan keterbatasan yang sangat berbeda," kata Sri Utami.

Hal itu, diungkapkan Sri Utami dalam sambutannya di acara Silaturahmi bersama Kepala Cabang Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB dan Pengawas Sekolah se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Gedung Mahligai, Kediaman Dinas Gubernur, Rabu (25/5/2022).

Oleh karenanya, Ibu Tami, begitu ia biasa disapa menyoroti akan pentingnya penanganan anak-anak disabilitas, baik di sekolah inklusi maupun di SLB.

Sekolah inklusi sendiri merupakan sekolah reguler seperti SMA/SMK yang memberikan pendidikan khusus bagi anak-anak disabilitas.

"Jadi bapak/ibu, jadi guru itu adalah tempat kita belajar, dan anak-anak disabilitas itulah tempat kita belajar, dan setiap hari saya belajar dari mereka," kata Sri Utami yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala SLB di Sekolah Transisi Pelita Hati.

Ia menjelaskan, dari 50 persen para orang tua yang memiliki ABK, telah bercerai.

Sehingga peran ibu dalam hal ini memiliki beban yang lebih berat, sehingga berdasarkan pengalamannya, peran para guru sangat penting untuk mendukung peran orang tua karena beratnya memiliki anak dengan kebutuhan khusus.

"Pada tahun 2003, saya berhasil membawa murid saya yang bernama Doni, dari sekolah inklusi ke sekolah reguler, dan pada bulan Maret 2021 kemarin, mamanya Doni telepon dan mengundang saya untuk hadir di wisuda Doni dari Fakultas Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB), dan disitu saya langsung sujud syukur," tuturnya.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm