Pulser ring pada rem ABS sepeda motor(Dok. DAM)
Pulser ring pada rem ABS sepeda motor(Dok. DAM) ( kompas.com)

Fitur Rem ABS Untuk Sepeda Motor Bakal Diwajibkan di Malaysia

30 Mei 2022 18:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Teknologi rem ABS telah mengalami perkembangan, dari awalnya digunakan oleh kendaraan roda empat, lalu berlanjut ke sepeda motor.

Pabrikan motor awalnya menyematkan piranti ini pada segmen motor kelas atas. Minimal setiap model motor, memiliki satu varian dengan rem ABS.

Tapi kini dengan kondisi lalu lintas dan jalan yang hampir tidak bisa diprediksi, rem ABS sudah menjadi standar pada motor baru.

Dilansir dari Ride Apart (30/5/2022), pemerintah Malaysia sedang mempertimbangkan untuk mewajibkan fitur rem ABS pada sepeda motor berkapasitas 150 cc ke atas.

Menteri Perhubungan Malaysia Datuk Seri Wee Ka Siong mengatakan, pihaknya sedang melakukan studi terkait kewajiban fitur rem ABS.

Wee Ka Siong menjelaskan bahwa studi ini komprehensif, dan melibatkan perwakilan dari masyarakat sepeda motor, industri manufaktur, dan pakar keselamatan.

“Dengan adanya wajib pemasangan ABS nanti, diharapkan keselamatan sepeda motor semakin meningkat dan kemungkinan kematian semakin berkurang,” ujar Wee Ka Siong.

Menurut studi yang sedang dilakukan Institut Penelitian Keselamatan Jalan Malaysia atau yang dikenal MIRO, penyebab utama kecelakaan sepeda motor di Malaysia adalah pengereman yang tidak efektif dan jatuh karena menghindari rintangan.

“Sistem pengereman yang tidak efektif adalah salah satu penyebab kecelakaan. Oleh karena itu, penggunaan sistem pengereman yang lebih baik dan efektif sangat dianjurkan dan didorong dalam pencarian solusi untuk mengakhiri kecelakaan sepeda motor,” ucap Wee Ka Siong.

Selain itu, studi saat ini menunjukkan bahwa penggunaan ABS pada sepeda motor dapat mengurangi kecelakaan dan kematian hingga 30 persen.

Mempertimbangkan semua itu, meningkatkan keselamatan sepeda motor melalui teknologi yang lebih baik dinilai menjadi langkah yang logis. Namun demikian, adanya rem ABS tentu bakal berdampak pada meningkatnya harga jual.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fitur Rem ABS pada Sepeda Motor Bakal Diwajibkan di Malaysia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/30/132100015/fitur-rem-abs-pada-sepeda-motor-bakal-diwajibkan-di-malaysia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm