Gigi
Gigi ( SHUTTERSTOCK )

Gigi Ternyata Tidak Termasuk Tulang, Apa Bedanya dengan Tulang?

4 Juni 2022 06:19 WIB

Bangkasonora.ID - Teman-teman, tahukah kamu berapa jumlah tulang yang menopang tubuhmu? 

Manusia lahir dengan 300 tulang, teman-teman. Dari semua tulang tersebut, terdapat tulang rawan dan tulang keras. 

Saat bertambah usia, tulang kita bisa berkurang. Bukan karena hilang, melainkan berubah dan menyatu menjadi tulang keras. 

Bukankah kita juga akan bertambah gigi ketika semakin dewasa, Bo? Betul sekali, namun ternyata gigi bukanlah kelompok tulang.

Meskipun sama-sama keras dan berwarna putih, gigi dan tulang adalah dua hal yang berbeda. Ingin tahu apa perbedaannya? Yuk, cari tahu!

Perbedaan Gigi dan Tulang

Dilansir dari Livescience, gigi dan tulang sering dianggap sama karena warna dan kandungan kalsium di dalamnya. 

Padahal, sebenarnya sangat berbeda dengan tulang tubuh. Gigi mengandung kalsium, fosfor, dan mineral lainnya. 

Sementara tulang, mengandung kalsium, fosfor, natrium, dan mineral lainnya. Namun sebagian besar tulang mengandung protein kolagen. 

Kolagen yaitu jaringan hidup yang tumbuh memberikan tulang kerangka yang fleksibel, serta memungkinkan tulang bisa menahan tekanan. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm