Ilustrasi fintech nakal atau pinjaman online nakal
Ilustrasi fintech nakal atau pinjaman online nakal ( Shutterstock)

Mau Tahu Cara Bedakan Pinjaman Online Terpercaya dengan Pinjol Bodong?

6 Juni 2022 14:05 WIB

SonoraBangka.id - Tentunya kita sangat membutuhkan modal jika ingin menjalankan suatu bisnis atau mengembangkan usaha yang sudah ada.

Dan salah satu cara untuk mendapatkan modal adalah dengan mengambil pinjaman. Terlebih lagi kini Peer to Peer (P2P) Lending atau pinjaman online tengah marak terjadi.

Sayangnya, banyak oknum yang menyalahgunakan hal tersebut. Sehingga, banyak kasus pelanggaran seperti cara penagihan pinjaman online ilegal yang tak etis hingga penipuan yang berkedok pinjaman online.

Tak hanya itu, bocornya data peminjam serta penerapan bunga yang tak masuk akal membuat orang tak ingin terlibat lebih jauh dengan pinjaman online.

Melihat hal tersebut, Marsya Juwita, AVP Partnership Success Lead dari Modalku memberikan pemahaman lebih jauh soal P2P Lending.

"P2P Lending sebenarnya adalah perusahaan teknologi finansial, jadi kita mempergunakan teknologi untuk memberikan akses finansial yang lebih luas lagi daripada istilahnya lembaga keuangan tradisional."

"Di sini fokusnya memberikan pinjaman pendanaan, di Modalku sendiri fokusnya mencari usaha-usaha produktif yang kecil dan menengah dan bisa kita berikan pinjaman untuk tumbuh," jelas Marsya dalam IG Live Festival #PilihLokalAja, Kamis (25/02).

Marsya pun memberikan tips membedakan pinjaman online yang terpercaya dan pinjaman online bodong.

1. Diawasi OJK

"Pinjaman online yang valid itu adalah yang sudah berizin dan sudah diawasi oleh OJK."

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm