Ilustrasi halwa india, kudapan manis khas India yang bisa kamu hidangkan di rumah.
Ilustrasi halwa india, kudapan manis khas India yang bisa kamu hidangkan di rumah. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Prabhjit S. Kalsi)

Cara Membuat Halwa India, Kudapan Manis Dari Tepung Semolina

8 Juni 2022 16:03 WIB

SonoraBangka.id - Halwa adalah kudapan manis yang cukup terkenal di beberapa negara di kawasan Timur Tengah bahkan India.  Pada resep halwa india ini menggunakan tepung semolina yang terbuat dari gandung durum keras. Jenis tepung ini cukup populer di Italia untuk membuat pasta.

Selain tepung semolina, halwa india juga terbuat dari gula kastor dan rempah kapulaga. Rasa dari halwa india adalah manis yang menggugah selera.  Dilansir dari laman BBC Good Food, ada cara membuat halwa india untuk enam hingga delapan porsi makan berikut ini. 

Resep Halwa India

Bahan 

100 gram gula kastor

Beberapa tetes pewarna makanan jingga

6 buah kapulaga

100 gram mentega

50 gram pistachio, cincang

175 gram tepung semolina Paratha untuk disajikan, opsional

Cara membuat halwa india

Rebus sebanyak 250 ml air hingga mendidih, masukkan gula pasir dan pewarna makanan, siap pakai. Pisahkan biji kapulaga dan kulitnya.

Tambahkan sekitar tiga kulit kapulaga dalam wajan. Rebus selama beberapa menit. Pindahkan ke dalam mangkuk tahan panas. Panaskan ghee di wajan yang sama, tambahkan dengan sisa kapulaga dan pistachio.

Goreng selama satu menit. Tambahkan dengan tepung semolina. Panggang selama beberapa menit, aduk terus agar tidak gosong.

Tuangkan sirup gula ke dalam panci dan aduk terus agar tidak menggumpal. Halwa india yang baru saja matang bisa dituang dalam mangkuk.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Halwa India, Kudapan Manis dari Tepung Semolina", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2022/06/08/130300475/resep-halwa-india-kudapan-manis-dari-tepung-semolina.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm