Jack Miller saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP). (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)(KARIM JAAFAR)
Jack Miller saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP). (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)(KARIM JAAFAR) ( kompas.com)

Tinggalkan Ducati, Jack Miller Resmi Pindah Ke KTM

9 Juni 2022 21:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Masa depan Jack Miller akhirnya sudah ditentukan. Mulai musim 2023 sampai 2024, pebalap asal Australia itu akan meninggalkan Ducati untuk KTM.

Miller mengawali karirnya bersama KTM saat di Moto3, tepatnya bersama Red Bull KTM Ajo. Jadi, KTM bukan sesuatu yang asing bagi dirinya.

Miller kalah dari Alex Marquez pada perebutan gelar juara dunia Moto3 2014 dengan tertinggal cuma dua poin. Namun, Miller dilirik oleh Honda Racing Corporation (HRC) dan langsung ditawari tempat di kelas MotoGP.

Namun, saat bersama Honda, Miller tidak berhasil masuk ke tim pabrikan. Dia cuma bertahan dengan LCR Honda dan Marc VDS.

Setelah kontraknya dengan Honda berakhir, Miller sempat membalap untuk tim satelit Pramac Ducati. Setelah itu, baru berpindah ke tim pabrikan Ducati pada 2021.

Direktur Motorsport KTM Pit Beirer, mengatakan, dia sudah mengenal Miller sejak 2014. Dia pun senang akhirnya Miller bisa kembali lagi bersama timnya.

"Dia meninggalkan kami dengan impresi yang positif kala itu, dan kami terus berhubungan dengan baik. Pendekatan Jack, sikapnya terhadap balap sangat cocok dengan KTM," ujar Beirer, dikutip dari Speedweek.com, Kamis (9/6/2022).

Beirer menambahkan, dirinya sangat bangga Milller mau kembali ke KTM. Dia pun meyakini Miller akan menjadi aset berharga untuk misi dan proyek KTM di MotoGP.

Miller juga akan bertemu wajah lama saat masuk KTM nantinya. Ada Direktur Teknis Fabiano Sterlacchini dan Manajer Tim Francesco Guidotti, yang pernah bekerja sama selama di Ducati.

Guidotti mengatakan, dia sangat mengenal Miller dan bagaimana cara dia bekerja, serta apa yang bisa diberikan pada tim dengan pengalamannya.

"Menurut saya, karakter dan kemampuannya akan membuat proyek KTM RC16 kami lebih bertenaga lagi dalam tahap ini. Seperti Brad, Jack adalah pebalap seperti yang disebutkan di buku," kata Guidotti.

"Dia akan mencari dan menemukan batas dan maksimum di semua kondisi. Dia selalu memberikan semuanya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, ini adalah kualitas yang langka. Dua tahun ke depan akan sangat menyenangkan," ujarnya.

Miller akan menggantikan posisi Miguel Oliveira. Sementara posisi Miller, kabarnya akan digantikan oleh Enea Bastianini. Oliveira sendiri dikabarkan akan menggantikan posisi Bastianini di Gresini Racing.

Sayangnya, kontrak dengan Ducati melarang Miller untuk berkomentar apapun mengenai kepindahannya ke KTM. Bahkan, termasuk melarang Miller berfoto dengan logo KTM hingga akhir musim ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tinggalkan Ducati, Jack Miller Resmi Gabung dengan KTM", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/09/174100215/tinggalkan-ducati-jack-miller-resmi-gabung-dengan-ktm?page=all#page2.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm