Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Bosnia dan Herzegovina, Bisera Turkovic langsung di kediaman pribadi Luhut di Bali, Jumat (10/6/2022).
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Bosnia dan Herzegovina, Bisera Turkovic langsung di kediaman pribadi Luhut di Bali, Jumat (10/6/2022). ( KOMPAS.com)

Luhut Sambut Kunjungan Menlu Bosnia, Ini yang Dibahas

11 Juni 2022 17:26 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada Jumat (10/6/2022) kemarin, menerima kunjungan dari Menteri Luar Negeri Bosnia dan Herzegovina, Bisera Turkovic langsung di kediaman pribadi Luhut di Bali.

Pertemuan keduanya tak lain membahas mengenai investasi, mulai dari pertanian hingga sektor pertahanan. Pertemuan ini diunggah Luhut melalui media sosial Instagram dan Facebooknya.

"Karena itulah hari ini saya dan Dr. Bisera berdiskusi membahas peluang investasi dan perdagangan kedua negara di sektor pertahanan, dan pertanian, dan lain-lain. Saya dan Dr. Bisera juga menakar sektor-sektor mana yang potensial untuk kami eksplorasi," katanya dalam keterangan sosmednya, Sabtu (11/6/2022).

Dari percakapan tersebut, Luhut bilang, Bosnia berencana ingin berinvestasi di Indonesia. Kali ini, sektor pertahanan dilirik oleh negara ini untuk mengembangkan di Indonesia.

"Melihat potensi investasi, saya melihat kemungkinan bisnis di Indonesia untuk berpartisipasi dalam proyek Infrastruktur Kemitraan Publik-Swasta Bosnia dan Herzegovina. Sebagai mantan prajurit militer, saya senang ketika mendengar dari beliau bahwa kedua negara sahabat ini berkomitmen untuk menindaklanjuti usulan kerja sama industri strategis, khususnya dalam pertukaran keahlian militer dalam produksi amunisi," sambung dia.

Kepada Bisera, mantan Jenderal Kopassus ini bilang, bahwa iklim investasi Indonesia semakin kondusif. Ini dibuktikan banyak negara maju yang saat ini tertarik menanamkan modalnya ke Indonesia. Selain itu, keduanya saling bertukar pandangan mengenai stabilitas kawasan di Eropa.

"Dari diskusi kami sore ini, saya berpendapat Dr. Bisera bisa menjadi sahabat yang dapat memberikan masukan strategis mengenai kawasan Eropa tenggara mengingat bahwa Bosnia dan Herzegovina dengan Indonesia punya kesamaan yaitu sama-sama negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam," tutur Luhut.

Sebelum berpamitan, sambung dia, Bisera menilai Indonesia akan selalu jadi mitra kunci bagi Bosnia dan Herzegovina, bukan hanya dalam politik dan sosial budaya, tetapi juga mitra strategis di sektor ekonomi.

"Beliau juga mengundang saya untuk berkunjung ke Bosnia dan berjanji akan menjamu kami dengan masakan kambing khas Bosnia dan Herzegovina yang kabarnya terkenal lezat itu," ucap Luhut.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Sambut Kunjungan Menlu Bosnia, Ini yang DIbahas ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/06/11/163000626/luhut-sambut-kunjungan-menlu-bosnia-ini-yang-dibahas-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm